KANWIL DJP JATIM II

Relawan Pajak 2021, Kepolisian Dilibatkan

Redaksi DDTCNews
Senin, 01 Februari 2021 | 11.57 WIB
Relawan Pajak 2021, Kepolisian Dilibatkan

Ilustrasi. 

SIDOARJO, DDTCNews – Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) II menjalin kerja sama dengan Polres Sidoarjo untuk penyelenggaraan program relawan pajak 2021.

Kabid Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil DJP Jatim II Takari Yoedaniawati mengatakan program relawan pajak 2021 tidak hanya melibatkan unsur pendidikan tinggi. Pada tahun ini, Kanwil DJP Jatim II juga ikut menggandeng pejabat daerah untuk ikut serta menjadi relawan pajak.

"DJP saat ini menggaungkan relawan pajak kepada tokoh masyarakat maupun pejabat daerah," katanya, dikutip pada Senin (1/2/2021).

Upaya untuk menggandeng tokoh daerah sebagai relawan pajak, sambungnya, diharapkan mampu memperbaiki kinerja penerimaan pajak 2021. Realisasi penerimaan di Kanwil DJP Jatim II pada tahun lalu mencapai Rp18,9 triliun atau 96% dari target Rp19,5 triliun.

Menurutnya, para relawan pajak pada level pejabat daerah diharapkan dapat membantu dari sisi edukasi perpajakan. Salah satunya adalah memastikan kepatuhan semua sumber daya manusia (SDM) dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

"Dengan menguatkan kemitraan melalui program relawan pajak, kinerja DJP Jatim II di tahun 2021 diharapkan bisa lebih baik lagi," ujar Takari.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan relawan pajak dapat berdampak secara internal dan eksternal. Pada level internal, dia ingin memastikan 1.500 orang anggota polisi dan ASN yang bertugas di Polresta Sidoarjo patuh dalam menyampaikan SPT Tahunan.

Untuk eksternal, Polresta Sidoarjo akan aktif membantu DJP melakukan edukasi perpajakan kepada masyarakat. Oleh karena itu, duta pajak dari Polresta Sidoarjo akan mendapatkan pelatihan dari Kanwil DJP Jatim II sebelum terjun melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Kami akan mengirimkan duta-duta kami ke kantor pajak untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan perpajakan. Dari para duta tersebut yang akan menyampaikan sekaligus memandu anggota Polri agar mengerti tentang pajak," imbuhnya, seperti dilansir klikjatim.com. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.