Review
Selasa, 14 Juli 2020 | 14:35 WIB
DIREKTUR PENYULUHAN, PELAYANAN, DAN HUMAS DJP HESTU YOGA SAKSAMA:
Selasa, 14 Juli 2020 | 06:51 WIB
PERSPEKTIF
Sabtu, 11 Juli 2020 | 10:32 WIB
PERSPEKTIF
Rabu, 08 Juli 2020 | 06:06 WIB
PERSPEKTIF
Fokus
Data & alat
Selasa, 14 Juli 2020 | 16:55 WIB
STATISTIK KINERJA PENERIMAAN PPN
Minggu, 12 Juli 2020 | 14:15 WIB
STATISTIK PERTUKARAN INFORMASI
Rabu, 08 Juli 2020 | 15:37 WIB
STATISTIK PENERIMAAN PAJAK
Rabu, 08 Juli 2020 | 08:29 WIB
KURS PAJAK 8 JULI - 14 JULI 2020
Reportase

Bagaimana Sistem Pajak Dapat Mendukung Keberlangsungan Perusahaan?

A+
A-
3
A+
A-
3
Bagaimana Sistem Pajak Dapat Mendukung Keberlangsungan Perusahaan?

DINAMIKA perusahaan sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup, daya saing, inovasi, dan pertumbuhan suatu korporasi. Keberlangsungan hidup itu perlu diperhatikan untuk mengembangkan sektor swasta yang berkelanjutan.

Pajak menjadi salah satu instrumen untuk menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Saat ini, belum ada literatur yang menganalisis pengaruh beban pajak terhadap prospek kelangsungan hidup perusahaan di negara maju dan berkembang.

Jurnal berjudul ‘Death and Taxes: Does Taxation Matter for Firm Survival?’ yang ditulis oleh Serhan Cevik dan Fedor Miryugin dapat mengisi kekosongan literatur terkait peran pajak untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Baca Juga: Begini Profil Pajak Kabupaten dengan UMK Tertinggi se-Indonesia

Jurnal ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Cevik dan Miryugin. Secara keseluruhan, penulisan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perpajakan memengaruhi probabilitas kelangsungan hidup perusahaan dari waktu ke waktu.

Dalam penelitian, penulis melakukan analisis probabilitas kegagalan di antara lebih dari 4 juta perusahaan sektor nonkeuangan dari 21 negara selama periode 1995 hingga 2015. Dalam melakukan analisis, Cevik dan Miryugin menggunakan cox proportional hazard model, memperhatikan karakteristik perusahaan, dan membedakan ke dalam berbagai sektor.

Jurnal ini mencoba mengungkap hubungan nonlinear antara effective marginal tax rate (EMTR) dengan probabilitas kegagalan suatu perusahaan. EMTR sendiri dapat didefinisikan sebagai tambahan beban atau tarif efektif pajak yang timbul dari tambahan pendapatan perusahaan.

Baca Juga: Penyelesaian Keberatan: Permintaan Data/Informasi Wajib Pajak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pajak perusahaan, yang dihitung menggunakan EMTR, memberikan dampak buruk yang sangat signifikan terhadap prospek kelangsungan hidup perusahaan dengan pola nonlinear.

Tingkat EMTR yang lebih rendah akan meningkatkan probabilitas kelangsungan hidup di antara perusahaan sektor nonkeuangan. Probabilitas kelangsungan hidup juga bergantung pada usia dan ukuran perusahaan. Perusahaan yang lebih besar memiliki risiko kegagalan yang lebih rendah.

Berfokus pada kesehatan keuangan perusahaan, penulis menemukan bahwa probabilitas kegagalan berkurang ketika tingkat profitabilitas meningkat serta sejalan dengan tingkat utang perusahaan.

Baca Juga: Membangun Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak Lewat Penegakan Hukum

Demikian pula dengan struktur dan kinerja perusahaan, intensitas modal, dan total factor productivity (TFP) yang memainkan peran penting dalam mengurangi potensi kegagalan di antara lebih dari 4 juta perusahaan sektor nonkeuangan dalam sampel penelitian ini.

Sistem perpajakan yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan efisiensi dan mendorong investasi. Hal ini juga berimplikasi pada peningkatan inovasi dan penciptaan lapangan kerja. Analisis empiris yang disajikan dalam jurnal ini menunjukan bahwa perpajakan jelas memberikan peran penting dalam menentukan pola kegagalan di antara perusahaan sektor nonkeuangan di negara maju dan berkembang.

Temuan tersebut memberikan implikasi usulan desain sistem pajak. Sebab, EMTR tidak hanya merangkum perbedaan beban pajak keseluruhan di seluruh negara, tetapi juga sifat diskriminatif rezim pajak lintas sektor serta jenis perusahaannya. Pendekatan yang koheren dan adil atas kebijakan pajak dalam bisnis penting untuk mengurangi ketidakpastian hukum dan distorsi alokasi sumber daya yang dihadapi perusahaan.

Baca Juga: Pemindahbukuan Karena Salah Setor PPh

Dengan demikian, reformasi dalam kebijakan pajak dan administrasi harus dirancang dengan baik agar dapat memotong biaya kepatuhan, memfasilitasi kewirausahaan dan inovasi, serta mendorong sumber pembiayaan alternatif dengan secara khusus menangani bias utang perusahaan.

Dalam konteksi ini, EMTR memegang kunci untuk memengaruhi keputusan investasi dan probabilitas kelangsungan hidup perusahaan dari waktu ke waktu. Tantangan bagi para pembentuk kebijakan adalah untuk menyamakan kedudukan bagi perusahaan dengan merasionalisasi perlakuan pajak yang berbeda di seluruh sektor, jenis aset modal, dan sumber pembiayaan.

Working Paper yang diterbitkan IMF ini menarik dipelajari dan disimak. Pembaca bisa melihat bagaimana sistem pajak sangat berperan untuk menjaga keberlangsungan aktivitas ekonomi perusahaan – terutama pada masa pelemahan ekonomi saat ini akibat pandemi COVID-19 – melalui perspektif segar bagi perumus kebijakan, akademisi, praktisi, dan pengusaha. *

Baca Juga: Belajar Teknik Audit Pajak atas Cash-Based Economy
Topik : buku, jurnal, sistem pajak, EMTR, kebijakan pajak, kajian pajak
Komentar
Dapatkan hadiah berupa uang tunai yang diberikan kepada satu orang pemenang dengan komentar terbaik. Pemenang akan dipilih oleh redaksi setiap dua pekan sekali. Ayo, segera tuliskan komentar Anda pada artikel terbaru kanal debat DDTCNews! #MariBicara
*Baca Syarat & Ketentuan di sini
0/1000
Sampaikan komentar Anda dengan bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, sesuai UU ITE.
artikel terkait
Selasa, 23 Juni 2020 | 13:47 WIB
KEBIJAKAN PAJAK
Senin, 22 Juni 2020 | 16:38 WIB
ADMINISTRASI PAJAK
Senin, 22 Juni 2020 | 11:47 WIB
KEBIJAKAN PEMERINTAH
Sabtu, 20 Juni 2020 | 11:30 WIB
IAI GOES TO CAMPUS-WEBINAR
berita pilihan
Rabu, 15 Juli 2020 | 08:02 WIB
BERITA PAJAK HARI INI
Selasa, 14 Juli 2020 | 19:19 WIB
HARI PAJAK 14 JULI
Selasa, 14 Juli 2020 | 17:13 WIB
TPA MODUL RAS
Selasa, 14 Juli 2020 | 17:06 WIB
KABUPATEN MIMIKA
Selasa, 14 Juli 2020 | 16:55 WIB
STATISTIK KINERJA PENERIMAAN PPN
Selasa, 14 Juli 2020 | 16:45 WIB
KAWASAN EKONOMI KHUSUS
Selasa, 14 Juli 2020 | 16:33 WIB
INSENTIF PAJAK
Selasa, 14 Juli 2020 | 16:13 WIB
EFEK VIRUS CORONA
Selasa, 14 Juli 2020 | 15:47 WIB
EKONOMI DIGITAL
Selasa, 14 Juli 2020 | 15:45 WIB
KEBIJAKAN BEA MASUK