Review
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:52 WIB
KONSULTASI PAJAK
Rabu, 30 November 2022 | 11:27 WIB
OPINI PAJAK
Selasa, 29 November 2022 | 15:48 WIB
KONSULTASI UU HPP
Kamis, 24 November 2022 | 09:50 WIB
KONSULTASI PAJAK
Fokus
Literasi
Jum'at, 02 Desember 2022 | 21:10 WIB
RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI
Jum'at, 02 Desember 2022 | 19:00 WIB
KAMUS KEPABEANAN
Jum'at, 02 Desember 2022 | 12:30 WIB
TIPS KEPABEANAN
Senin, 28 November 2022 | 18:30 WIB
KAMUS PAJAK
Data & Alat
Jum'at, 02 Desember 2022 | 12:00 WIB
KMK 63/2022
Rabu, 30 November 2022 | 10:11 WIB
KURS PAJAK 30 NOVEMBER - 06 DESEMBER 2022
Rabu, 23 November 2022 | 10:00 WIB
KURS PAJAK 23 NOVEMBER - 29 NOVEMBER 2022
Rabu, 16 November 2022 | 09:45 WIB
KURS PAJAK 16 NOVEMBER - 22 NOVEMBER 2022
Komunitas
Senin, 05 Desember 2022 | 09:00 WIB
SEKRETARIS I PERTAPSI CHRISTINE TJEN:
Minggu, 04 Desember 2022 | 07:40 WIB
WAKIL KETUA I PERTAPSI TITI MUSWATI PUTRANTI:
Sabtu, 03 Desember 2022 | 09:34 WIB
KETUA BIDANG KERJA SAMA PERTAPSI BENY SUSANTI:
Sabtu, 03 Desember 2022 | 07:30 WIB
SELEBRITAS
Reportase

Apa Saja Keuntungan Berkarier di Bidang Transfer Pricing? Cek di Sini

A+
A-
2
A+
A-
2
Apa Saja Keuntungan Berkarier di Bidang Transfer Pricing? Cek di Sini

Intensive Course - Comprehensive Transfer Pricing Batch 25.

JAKARTA, DDTCNews - Selama beberapa tahun belakangan, lanskap perekonomian di Indonesia telah melalui transformasi yang signifikan dengan adanya globalisasi dan berkembangnya ekonomi digital. Meningkatnya transaksi lintas batas antara Indonesia dengan berbagai negara di dunia, lantas menjadikan urgensi dari perpajakan internasional dan transfer pricing tumbuh dengan cukup pesat.

Secara sederhana, transfer pricing berarti penetapan harga transaksi yang dilakukan antara entitas terafiliasi di dalam satu grup multinasional (multinational enterprise). Perusahaan di Indonesia yang melakukan transaksi (contohnya pembelian, penjualan, pemberian jasa, pembayaran royalti, dan sebagainya) dengan pihak terafiliasi baik di luar negeri maupun di dalam negeri, sangat dimungkinkan terpengaruh oleh transfer pricing hubungan afiliasinya. Hal tersebut berpotensi menyebabkan penggerusan basis pajak dalam pembukuan di Indonesia dan akhirnya berpotensi menimbulkan kehilangan potensi penerimaan pajak bagi otoritas pajak domestik.

Saat ini, banyak anak perusahaan dari perusahaan multinasional asing di Indonesia menggunakan transfer pricing untuk alasan komersial. Namun, ada juga yang menggunakannya untuk mengalihkan keuntungan dari negara dengan pajak tinggi ke negara pajak rendah (tax haven country). Oleh karena itu, regulasi transfer pricing berperan untuk menetapkan suatu nilai transaksi antara pihak terafiliasi pada nilai wajarnya.

Di Indonesia, aturan mengenai transfer pricing secara umum diatur dalam Pasal 18 ayat (3) Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh). Pasal tersebut menyebutkan bahwa Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak berwenang untuk menentukan kembali besarnya penghasilan kena pajak bagi wajib pajak yang mempunyai hubungan istimewa dengan wajib pajak lainnya sesuai dengan kewajaran dan kelaziman usaha yang tidak dipengaruhi oleh hubungan istimewa.

Aturan lebih lanjut dan detail tentang pendokumentasian transfer pricing dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.03/2016 tentang Jenis Dokumen dan/atau Informasi Tambahan yang Wajib Disimpan oleh Wajib Pajak yang Melakukan Transaksi dengan Para Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa, dan Tata Cara Pengelolaannya.

Membangun Karier di Bidang Transfer Pricing dan Keuntungannya

Transfer pricing seringkali dianggap sebagai permasalahan yang rumit untuk ditangani. Meski terdengar rumit, transfer pricing adalah bagian dari sistem perpajakan yang berhubungan erat dengan kegiatan bisnis dan perekonomian. Jika Anda adalah seorang praktisi atau sedang mempertimbangkan untuk berkarier di bidang pajak, transfer pricing dapat menjadi salah satu pilihan karier Anda yang dapat meningkatkan value profesional anda. Berikut ini adalah poin-poin penting yang dapat ditawarkan dari bidang karier ini.

Pertama, prinsip yang berlaku secara global. Transfer pricing adalah salah satu konsep pajak yang diakui dan bersifat cukup konsisten secara global. Artinya, bila Anda mengerjakan transfer pricing di Indonesia, Anda juga dapat melakukan pekerjaan transfer pricing di Inggris, misalnya. Karier Anda dapat ditransfer lintas yurisdiksi perpajakan sehingga memberikan ruang lingkup yang lebih luas untuk berkarier.

Perlu diingat bahwa transfer pricing merupakan bagian dari perpajakan internasional yang berkaitan dengan interaksi antara berbagai yurisdiksi pajak. Penerapan transfer pricing akan memberikan perspektif global kepada para praktisi transfer pricing mengenai berbagai undang-undang perpajakan di dunia.

Kedua, aspek transfer pricing makin penting. DJP mengatakan bahwa 60% transaksi internasional yang dilakukan oleh korporasi multinasional adalah transaksi yang memiliki hubungan istimewa atau related party transaction. DJP juga menyatakan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan standar pajak global dengan mengadopsi Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) Action 8-10, 13, dan 14 ke dalam ketentuan perpajakan Indonesia. Hal ini menunjukkan perhatian besar pemerintah terhadap transfer pricing.

Ketiga, transfer pricing merupakan pekerjaan analitis sekaligus berkaitan erat dengan aspek hukum. Pekerjaan dalam bidang transfer pricing tidak hanya memiliki sifat analitis (layaknya pekerjaan di bidang finance), tetapi juga memiliki sisi hukum, yakni dalam rangka mematuhi regulasi perpajakan. Pekerjaan ini akan cocok bagi praktisi yang berminat di bidang keuangan dan juga menyukai bidang hukum.

Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki aspek litigasi. Ketika permasalahan transfer pricing dibawa ke tahap sengketa, Anda dapat mengerjakan penyelesaian sengketa transfer pricing klien anda melalui proses pengadilan.

Keempat, transfer pricing men-challenge Anda untuk terus mempelajari hal baru. Bidang transfer pricing merupakan bidang yang berorientasi pada masalah, terutama permasalahan yang lebih unik. Setiap transaksi bersifat unik sehingga jarang Anda dapat copy-paste saran yang Anda berikan sebelumnya.

Bidang transfer pricing adalah bidang yang terus bertransformasi. Bidang ini terus berkembang dengan adanya interpretasi, panduan, serta peraturan yang lebih baru, baik secara domestik maupun global.

Selain itu, transfer pricing memerlukan pemahaman terperinci tentang sebuah bisnis. Mulai dari bagaimana rantai pasokan sebuah perusahaan, hingga memahami value chain dalam rangka memberi saran kepada klien. Ini akan memberikan anda pandangan yang lebih luas atas suatu industri.

Perdalam Pengetahuan Anda di Bidang Transfer Pricing!

Tidak bisa dipungkiri, transfer pricing adalah salah satu isu pajak yang sangat penting di seluruh dunia. Terutama di negara-negara yang memiliki peraturan pajak kompleks. Oleh karena itu, ada banyak sekali peluang karier bagi para profesional yang berminat untuk bekerja di ranah transfer pricing ini.

Untuk berkarier di bidang transfer pricing, Anda dapat mempersiapkan diri dengan membekali pengetahuan dasar serta analisis mendalam ilmu dan tata cara dalam ranah transfer pricing.

DDTC Academy kembali membuka kelas Intensive Course - Comprehensive Transfer Pricing Batch 25. Kelas ini merupakan kelas terakhir di tahun ini!

Pelatihan transfer pricing akan dimulai pada 15 Oktober 2022. Terdiri dari 5 kali sesi pertemuan, yaitu setiap hari Sabtu pukul 09.00-15.30 WIB. Pelatihan diadakan secara online melalui Zoom Meeting.

Klik link berikut untuk informasi selengkapnya terkait pelatihan transfer pricing batch 25: https://news.ddtc.co.id/training-transfer-pricing-ada-lagi-ikuti-pelatihannya-di-sini-42103.

Bonus! Semua peserta mendapatkan buku gratis “Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional (Second Edition – Vol 1)”.

Amankan kursi Anda sekarang dengan mendaftar melalui link berikut: https://academy.ddtc.co.id/intensive_course

Membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai pelatihan ini? Hubungi Hotline DDTC Academy +62812-8393-5151 (Vira), email [email protected] (Vira), atau melalui akun Instagram DDTC Academy (@ddtcacademy). (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

Topik : DDTC Academy, agenda pajak, kursus pajak, seminar pajak, transfer pricing, intensive course

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Rabu, 02 November 2022 | 13:30 WIB
DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE SEMINAR

Pentingnya Persiapan Pembuktian dalam Sengketa Transfer Pricing

Rabu, 02 November 2022 | 10:30 WIB
EDUKASI PAJAK

Ini Alasan Pentingnya Analisis Kesebandingan dalam Transfer Pricing

Selasa, 01 November 2022 | 13:35 WIB
DDTC ACADEMY - ADIT EXAM PREPARATIOIN COURSE

Perdalam Pengetahuan Dua Pilar Termasuk Pajak Global dalam Kelas Ini!

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:00 WIB
BINCANG ACADEMY

Apa Saja Tips & Trik Menulis Argumen Hukum Agar Memenangkan Sengketa?

berita pilihan

Senin, 05 Desember 2022 | 09:00 WIB
SEKRETARIS I PERTAPSI CHRISTINE TJEN:

‘Tax Center dan Akademisi Itu Posisinya Netral’

Minggu, 04 Desember 2022 | 15:00 WIB
HUNGARIA

Khawatir Ganggu Investasi, Hungaria Kukuh Tolak Pajak Minimum Global

Minggu, 04 Desember 2022 | 14:00 WIB
BEA METERAI

Kriteria Dokumen yang Dapat Dibebaskan dari Pungutan Bea Meterai

Minggu, 04 Desember 2022 | 13:00 WIB
PERATURAN PAJAK

Ada 3 Jenis Tarif PPh Final atas PHTB, DJP Jelaskan Aturannya

Minggu, 04 Desember 2022 | 12:00 WIB
KP2KP BENTENG

Belum Setor PPh Final UMKM, Toko Kelontong Didatangi Petugas Pajak

Minggu, 04 Desember 2022 | 11:30 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

DJP Beberkan Kriteria Wajib Pajak yang Dibebaskan dari PPh Final PHTB

Minggu, 04 Desember 2022 | 11:00 WIB
INFOGRAFIS PAJAK

Jenis Penghasilan yang Masuk dalam Pencatatan WP Orang Pribadi

Minggu, 04 Desember 2022 | 10:30 WIB
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Utang Pemerintah Capai Rp7.496 Triliun, Sri Mulyani: Masih Aman

Minggu, 04 Desember 2022 | 10:00 WIB
KP2KP PINRANG

Bisnis Minuman Membludak, Petugas Pajak Sambangi Pabrik Es