DAERAH INOVATIF

195 Kabupaten/Kota Raih Penghargaan Inovasi, Ini Daftarnya

Redaksi DDTCNews | Sabtu, 19 Desember 2020 | 12:01 WIB
195 Kabupaten/Kota Raih Penghargaan Inovasi, Ini Daftarnya

Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. (Foto: kemendagri.go.id)

JAKARTA, DDTCNews - Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang melakukan inovasi pada tahun ini.

Kepala BPP Kemendagri Agus Fatoni mengatakan acara Innovative Government Award (IGA) merupakan bentuk apresiasi kepada pemda yang tidak berhenti melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan pelayanan dan tata kelola pemerintahan di masa pandemi Covid-19.

"Pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020 merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan pemda dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif," katanya di laman resmi Kemendagri, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga:
Percepat Pertumbuhan Daerah, Kemenkeu Warning Pemda Optimalkan PAD

Agus mengatakan pada tahun ini lebih banyak inovasi yang dilakukan pemda dibanding tahun lalu. Pada tahun ini daftar inovasi yang diserahkan seluruh pemda mencapai 14.897 inovasi. Sementara itu, pada 2018 pendaftaran inovasi yang disetor pemda hanya 8.014 inovasi.

Peningkatan antusiasme pemda dalam berinovasi mencapai 85% jika dibandingkan dengan capaian tahun lalu. Agus menyebut BPP Kemendagri melibatkan 15 juri untuk mengukur indeks inovasi daerah. Komponen juri tersebut terdiri dari unsur kementerian/lembaga, media, lembaga swasta.

Proses penilaian inovasi yang dilakukan pemda ini sudah dimulai dengan pendaftaran inovasi secara daring pada 14 Mei 2020. Melalui aplikasi tersebut juri melakukan penilaian untuk mengukur kadar inovasi yang dilakukan mampu meningkatkan pelayanan publik dan memperbaiki tata kelola organisasi pemerintah daerah.

Baca Juga:
Perinci Aturan Pajak Daerah, Kabupaten/Kota Diimbau Siapkan 4 Perkada

"Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak," imbuhnya.

Adapun penghargaan inovasi diberikan untuk level pemerintahan kabupaten/kota. Pada level kabupaten apresiasi diberikan kepada Kabupaten Pati, Bantul, Tabanan, Serang, Ponorogo, Lampung Tengah, Blora, Indragiri Hilir, Banyuasin, Balangan, Ogan Ilir, Sambas, Solok, Kubu Raya dan Garut.

Kemudian Kabupaten Purworejo, Lebak, Mojokerto, Sanggau, Tanjung Jabung Timur, Madiun, Sijunjung, Boyolali, Merangin, Sukoharjo, Tanjung Jabung Barat, Rembang, Lampung Timur, Sragen, Jembrana, Belitung, Kebumen, Lampung Utara, Kuantan Singingi, dan Tulungagung.

Pada level pemerintah kota, penghargaan diberikan kepada Kota Mataram, Madiun, Batam, Solok, Banjarmasin, Prabumulih, Pare-Pare, Depok, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bitung, Pangkal Pinang, Semarang, Metro, Bima, Sawahlunto, Cirebon, Singkawang, Balikpapan dan Mojokerto. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 13 Mei 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Kemendagri Minta Pemda Siapkan Skema Sinergi Pemungutan Opsen Pajak

Rabu, 08 Mei 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Percepat Pertumbuhan Daerah, Kemenkeu Warning Pemda Optimalkan PAD

Minggu, 05 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Perinci Aturan Pajak Daerah, Kabupaten/Kota Diimbau Siapkan 4 Perkada

Kamis, 02 Mei 2024 | 16:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pemprov DKI Nonaktifkan NIK, Apa Dampaknya ke Administrasi Pajak?

BERITA PILIHAN