PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Tekan Biaya, Jokowi Minta Infrastruktur Segera Dibenahi

Redaksi DDTCNews | Selasa, 06 Desember 2016 | 15:30 WIB
Tekan Biaya, Jokowi Minta Infrastruktur Segera Dibenahi

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah tengah gencar membangun infrastruktur secara merata di Indonesia sehingga ekonomi daerah pun maju. Inilah yang menjadi keinginan utama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengatakan masih banyak proyek infrastruktur Indonesia yang harus dijalankan dengan segera. Namun untuk menjalankan dan merampungkannya, pemerintah butuh dana yang relatif besar.

“Letak geografis dan bentuk negara (kepulauan) Indonesia menjadikan pemerintah butuh dana besar. Saya yakin apabila pembangunan infrastruktur selesai, biaya logistik dan transportasi akan jauh lebih murah, serta akan menjadikan daya saing kita lebih baik,” ujarnya di Jakarta, Selasa (6/12).

Baca Juga:
Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Menurut Jokowi, biaya logistik Indonesia masih berkisar 250-300% lebih tinggi apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Penyebabnya, infrastruktur nasional yang masih buruk dan belum siap.

Dia menginginkan pembangunan infrastruktur bisa diselesaikan secepat mungkin. Pasalnya pembangunan infrastruktur menjadi salah satu pembangunan prioritas yang diyakini Jokowi mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Selain membenahi infrastruktur, Jokowi juga akan membenahi birokrasi di Indonesia. Salah satu contohnya, terkait dengan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan anggaran.

Baca Juga:
Komentari Penetapan Pemenang Pilpres, Jokowi: Kita Patut Bersyukur

"Saya jengkel sekali dalam 2 tahun ini energi habis. Hampir 60 persen sampai 70 persen birokrasi kita, energi habis untuk urus SPJ," ungkapnya.

Jokowi mengaku saat melakukan peninjauan, sering ditemukan kondisi di mana para pegawainya tengah sibuk mengurus SPJ penggunaan anggaran. (Gfa)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Wapres Ma‘ruf Amin Sebut Makan Siang Gratis Belum Masuk RAPBN 2025

Kamis, 14 Maret 2024 | 14:21 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Setelah 4 Tahun, Pemerintah akan Bayarkan THR ASN secara Penuh

BERITA PILIHAN