KEBIJAKAN PAJAK

Sanitasi Adalah Hak Dasar, Air Limbah Domestik Perlu Bebas PPN

Muhamad Wildan | Kamis, 08 Juni 2023 | 10:00 WIB
Sanitasi Adalah Hak Dasar, Air Limbah Domestik Perlu Bebas PPN

Guru Besar Kebijakan Publik Perpajakan Universitas Indonesia (UI) Haula Rosdiana saat memberikan paparan dalam acara Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) 2023.

JAKARTA, DDTCNews - Guru Besar Kebijakan Publik Perpajakan Universitas Indonesia (UI) Haula Rosdiana menilai sanitasi termasuk hak dasar bagi setiap warga negara. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan fasilitas PPN atas pengelolaan air limbah domestik.

Dalam acara Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) 2023, Haula mengatakan sanitasi merupakan hak asasi manusia yang telah diamanatkan dalam konstitusi.

"Itu adalah layanan yang paling dasar yang harus disediakan. Sudah selayaknya pemerintah punya komitmen sungguh-sungguh dan memang diwujudkan," katanya, dikutip pada Kamis (8/6/2023).

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Apabila penyerahaan kendaraan listrik bisa memperoleh insentif PPN ditanggung pemerintah (DTP), seyogianya pemerintah menetapkan air limbah sebagai barang strategis dan memberikan pembebasan PPN atas seluruh barang dan jasa terkait dengan pengelolaan air limbah.

Pada tahun ini, pemerintah telah memberikan fasilitas PPN DTP sebesar 10% atas penyerahan mobil listrik. Namun, sanitasi masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah dalam bentuk kebijakan pembebasan PPN atas pengelolaan air limbah.

"Yang lebih pas itu adalah diberikan fasilitas PPN dibebaskan dengan tidak ada kewajiban untuk menerbitkan faktur pajak. Jadi, tidak ada aspek administrasinya," ujar Haula.

Baca Juga:
WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP

Pembangunan IPAL Juga Butuh Fasilitas Pajak

Haula menuturkan pembebasan PPN tidak hanya diberlakukan atas penyerahan jasa terkait dengan pengolahan air limbah saja. Perolehan bahan baku untuk mengolah air limbah menjadi air baku juga perlu diberi fasilitas pembebasan PPN.

Selain itu, ia memandang pemerintah juga perlu memberikan fasilitas pajak terhadap pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) serta infrastruktur lainnya yang terkait dengan sanitasi dan pengolahan air limbah.

"Pastinya ada pajak masukan karena perlu bahan kimia dan peralatannya. Sudah selayaknya itu dikategorikan sebagai barang strategis yang bisa dibebaskan dari PPN," tutur Haula.

Baca Juga:
DJPK Minta Pemda Tetapkan Target Pajak Daerah dengan Analisis Tren

Sebagai informasi, pemerintah saat ini hanya memberikan fasilitas pembebasan PPN atas penyerahan BKP yang bersifat strategis berupa air bersih sebagaimana diatur dalam PP 49/2022. Sementara itu, air limbah masih belum mendapatkan perlakuan yang sama.

Air bersih yang dimaksud adalah air bersih yang belum siap diminum dan yang sudah siap diminum. Tak hanya itu, pembebasan PPN juga diberikan atas biaya sambung, biaya pasang air bersih, dan biaya beban tetap air bersih. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 25 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP

Kamis, 25 April 2024 | 16:00 WIB KPP PRATAMA KOSAMBI

Kumpulkan Data IMB dan TDU, Petugas Pajak Kunjungi Kantor Pemda

BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP

Kamis, 25 April 2024 | 15:45 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ingat, Pakai e-Bupot 21/26 Tidak Butuh Installer Lagi Seperti e-SPT

Kamis, 25 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

RI Pasang Target Lebih Ambisius dalam Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Kamis, 25 April 2024 | 15:00 WIB KOTA TANGERANG SELATAN

BPHTB Kini Terutang Saat PPJB, Jadi Peluang Peningkatan Penerimaan

Kamis, 25 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC Bagikan Tip Terhindar Sanksi Saat Belanja Online dari Luar Negeri

Kamis, 25 April 2024 | 14:17 WIB KABUPATEN JOMBANG

Objek PBB-P2 Didata Ulang, Pemkab Hitung Pajak Terutang yang Akurat

Kamis, 25 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA SELATAN II

Kanwil DJP Jakarta Selatan II Resmikan Tax Center STIH IBLAM