PENGAMPUNAN PAJAK

Presiden Jokowi: Saya Tidak Ikut, Tapi Perusahaan Ikut

Redaksi DDTCNews
Sabtu, 01 Oktober 2016 | 15.05 WIB
Presiden Jokowi: Saya Tidak Ikut, Tapi Perusahaan Ikut

Presiden Joko Widodo (tengah) (Foto: Setkab.go.id)

JAKARTA, DDTCNews  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan perusahaan miliknya telah mengikuti program tax amnesty pada periode pertama.

Hal itu diungkapkannya dalam inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta Selatan, Jumat (30/9) malam. Di sela-sela kunjungannya itu, Jokowi disinggung soal keikutsertannya dalam tax amnesty.

“Saya tidak ikut (tax amnesty). Tapi perusahaan ikut, itu pun saya sudah tidak mengurus,” ujarnya, Jumat (30,9).

Sebelum terjun ke dunia politik, Jokowi sempat mengelola usaha kayu dan mebel. Dia menjelaskan saat ini sudah tidak lagi ikut terjun langsung mengelola perusahaan miliknya tersebut.

Jokowi mengimbau wajib pajak baik dari dunia usaha maupun masyarakat luas yang hingga saat ini belum mengikuti tax amnesty bisa memanfaatkannya pada periode II dan III.

“Jadi masih ada kesempatan lagi pada tahapan kedua dan nantinya tahapan ketiga yang kita harapkan betul-betul program tax amnesty ini betul-betul tuntas,” tambahnya.

Jokowi menilai keberhasilan periode pertama tax amnesty dikarenakan adanya kepercayaan atau trust dari masyarakat kepada pemerintah.

Menurutnya, momentum kebrhasilan tersebut menjadi saat yang tepat untuk melakukan reformasi perpajakan.  Selain itu program tax amnesty juga dimanfaatkan pemerintah untuk memperluas basis pajak dan meningkatkan rasio pajak Indonesia. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.