PP 44/2022

PP 44/2022 Atur Penyerahan BKP Pembiayaan Syariah yang Tak Kena PPN

Muhamad Wildan | Kamis, 22 Desember 2022 | 12:30 WIB
PP 44/2022 Atur Penyerahan BKP Pembiayaan Syariah yang Tak Kena PPN

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Peraturan Pemerintah (PP) 44/2022 menegaskan penyerahan barang kena pajak (BKP) sebagai jaminan dalam skema pembiayaan syariah tidak termasuk dalam pengertian penyerahan BKP.

Merujuk pada Pasal 12 ayat (2) PP 44/2022, penyerahan tidak termasuk dalam pengertian penyerahan BKP sepanjang BKP yang tersebut nantinya dikembalikan kepada pihak yang melakukan penyerahan.

"Penyerahan BKP dalam skema transaksi pembiayaan syariah antara lain penyerahan BKP dalam rangka penerbitan sukuk, termasuk penyerahan BKP ke dan dari perusahaan penerbit sukuk," bunyi ayat penjelas dari Pasal 12 ayat (2) PP 44/2022, dikutip Kamis (22/12/2022).

Baca Juga:
Soal Natura, DJP: Saat Ini, Silakan Pakai Format Daftar Biaya Promosi

BKP yang diserahkan dalam rangka penerbitan sukuk merupakan aset sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal syariah.

Sebagai contoh, PT A menerbitkan sukuk ijarah dengan kendaraan sebagai underlying. Pada saat yang sama, investor juga menyerahkan dana kepada PT A. Dengan penerbitan sukuk ini, PT A mengalihkan kendaraan kepada investor dan investor menerima manfaat objek ijarah dari PT A.

PT A melakukan pembayaran cicilan fee ijarah secara periodik sesuai dengan waktu yang diperjanjikan serta sisa fee saat jatuh tempo sukuk. Investor mengalihkan kendaraan kepada TP A saat jatuh tempo sukuk.

Baca Juga:
Tarif Pajak Lebih Rendah & Hitungan Sederhana, DJP Ingin Ini bagi UMKM

Dalam kasus ini, penyerahan kendaraan oleh PT A kepada investor saat penerbitan sukuk dan penyerahan kendaraan oleh investor kepada PT A saat jatuh tempo sukuk tidak termasuk dalam pengertian penyerahan BKP sehingga tidak dikenai PPN.

Selanjutnya, penyerahan dalam skema transaksi pembiayaan syariah yang juga tercakup dalam Pasal 12 ayat (2) PP 44/2022 adalah penyerahan BKP dalam skema perdagangan komoditi berdasarkan prinsip syariah di bursa komoditi dengan penjualan lanjutan di pasar komoditi syariah.

Sebagai simulasi, A mengajukan pinjaman senilai Rp100 juta kepada Bank Syariah B yang merupakan peserta komersial di pasar komoditi syariah.

Baca Juga:
Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Guna memenuhi prinsip syariah, Bank Syariah B membeli CPO dari anggota kelompok pedagang C yang merupakan pedagang di pasar komoditi syariah. Salah satu anggota kelompok pedagang C menyerahkan CPO kepada Bank Syariah B. Bank pun melakukan pembayaran senilai Rp100 juta kepada anggota kelompok pedagang C.

Setelah melakukan pembelian, Bank Syariah B menjual CPO dengan nilai Rp110 juta kepada Tuan A. Sesuai dengan kesepakatan dalam murabahah, Tuan A membayar CPO senilai Rp110 juta tersebut secara angsuran selama 1 tahun.

Selanjutnya, Tuan A menjual CPO kepada anggota kelompok pedagang C dengan nilai Rp100 juta. Dengan demikian, CPO yang menjadi objek perdagangan komoditi berdasarkan prinsip syariah kembali kepada pihak yang sama, yakni anggota kelompok pedagang C.

Baca Juga:
Jaga Kesehatan APBN, Bagaimana Cara Optimalkan Penerimaan Negara?

Dalam kasus ini, penyerahan CPO oleh anggota kelompok pedagang C kepada Bank Syariah B, oleh Bank Syariah B kepada Tuan A, dan oleh Tuan A kepada anggota kelompok pedagang C tidak termasuk dalam pengertian penyerahan BKP.

Bila pemilik asal CPO tidak mendapatkan kembali CPO dengan jumlah dan nilai yang sama, transaksi ini menjadi masuk dalam pengertian penyerahan BKP dan terutang PPN. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 22 April 2024 | 15:16 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Soal Natura, DJP: Saat Ini, Silakan Pakai Format Daftar Biaya Promosi

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Kamis, 18 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Jaga Kesehatan APBN, Bagaimana Cara Optimalkan Penerimaan Negara?

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak