AMERIKA SERIKAT

Kebanyakan di Rumah Saat Pandemi, Penerimaan Pajak Miras Melonjak

Redaksi DDTCNews | Senin, 13 September 2021 | 17:30 WIB
Kebanyakan di Rumah Saat Pandemi, Penerimaan Pajak Miras Melonjak

Ilustrasi

MILWAUKEE, DDTCNews – Penerimaan pajak dari minuman beralkohol di Wisconsin, Amerika Serikat (AS) mencapai rekor pada 2020 lalu. Capaian ini sekaligus menjadi yang tertinggi dalam 50 tahun terakhir.

Sepanjang 2020, penerimaan pajak alkohol di Wisconsin naik 17%. Angka tersebut merupakan lonjakan tertinggi sejak 1972 silam. Pada 1972, lonjakan penerimaan pajak alkohol juga sempat terjadi karena perubahan batas minimal usia legal untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

"Untuk sebagian orang, masa-masa pandemi ini mungkin sulit dalam hidup mereka. Level stres meningkat karena masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan, juga [kehilangan] anggota keluarga, atau masalah dalam kehidupan sosial," tulis laporan Wisconsin Policy Forum," dikutip Senin (13/9/2021).

Baca Juga:
Daftar Tarif Pajak Daerah Terbaru di Solo, Pajak Hiburan Hingga 40%

The Policy Forum juga menyatakan, pembatasan kegiatan dalam berkumpul dan acara-acara besar lainnya juga menjadi salah satu faktor dalam peningkatan stres. Sebagian besar masyarakat menjadi terpengaruh secara mental dan tanpa sadar tertekan secara emosional.

Akhirnya, untuk mengalihkan dari perasaan terbebani tersebut, orang-orang beralih ke alkohol. Sikap ini tanpa sadar dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang hampir bersamaan sehingga terjadi lonjakan tinggi atas konsumsi minum keras tersebut.

Faktanya, sebelum pandemi pun Wisconsin sudah menyandang predikat negara bagian Amerika Serikat dengan tingkat konsumsi alkohol tertinggi.

Baca Juga:
Pajak Hiburan 40%, Ini Tarif Pajak Daerah Terbaru di Tanjungpinang

Tingginya angka konsumsi alkohol di Wisconsin disebabkan rendahnya tarif pajak yang dikenakan atas minuman keras. Menurut data The Tax Foundation, Wisconsin memiliki tarif pajak bir terendah ke-48 dan tarif pajak wine terendah ke-43 dari seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Pajak alkohol yang dikenakan di negara tersebut dihitung berdasarkan volume minuman yang terjual. Setiap jenis alkohol memiliki tarif yang berbeda. Misalnya pajak untuk bir adalah 6,5 sen per galon dan minuman keras dikenakan US$3,25 dolar galonnya.

Sementara itu, tarif pajak wine dibedakan sesuai dengan kadar alkoholnya. Wine dengan kadar alkohol kurang dari 14% akan dikenakan 25 sen per galon. Apabila kadar alkoholnya melebihi batas tersebut, maka akan dikenakan pajak 45 sen per galon.

"Terlepas dari tingginya penerimaan yang diperoleh, kita harus memperhatikan dampak kesehatan masyarakat yang dapat terjadi di masa depan.” imbuh The Forum dikutip dari madison.com. (dri/sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi