APARATUR SIPIL NEGARA

Ini Delapan Profil ASN yang Dicari Pemerintah dalam Seleksi CASN 2021

Redaksi DDTCNews | Kamis, 06 Mei 2021 | 10:45 WIB
Ini Delapan Profil ASN yang Dicari Pemerintah dalam Seleksi CASN 2021

Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah akan memastikan calon aparatur sipil negara (ASN) yang akan diterima merupakan individu bertalenta yang menjadi cikal bakal Smart ASN dan menjadi bagian dari lahirnya birokrasi berkelas dunia 2024.

Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil-Reformasi dan Birokrasi (PAN-RB) Katmoko Ari Sambodo mengatakan seorang Smart ASN harus memiliki setidaknya delapan profil.

Delapan profil yang dicari dalam seleksi calon ASN (CASN) pada tahun ini antara lain memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme, wawasan global, hospitality, networking, entrepreneurship, dan IT dan bahasa asing.

Baca Juga:
Dirjen Anggaran Sebut Surplus APBN 2024 Tak Bakal Setinggi Tahun Lalu

“Kami akan mencari ASN sesuai dengan profil yang dapat mendorong terwujudnya birokrasi berkelas dunia pada 2024. Kami juga ingin para CASN memiliki sikap anti-radikalisme,” katanya dikutip dari laman resmi Kementerian PAN-RB, Kamis (6/5/2021).

Katmoko juga meminta seluruh pihak untuk bersama-sama memastikan seleksi calon ASN tahun ini dapat berjalan lancar. Nanti, seluruh kegiatan akan diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Jadwal keseluruhan seleksi yang telah dibuat dapat berubah karena kita juga harus memantau kebijakan pemerintah terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ini,” tuturnya.

Baca Juga:
Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Katmoko mengimbau seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan, teknis penyelenggaraan seleksi kompetensi dasar (SKD), serta seleksi kompetensi bidang (SKB).

“PPK segera melakukan persiapan seperti dokumen persyaratan pengumuman, sistem pendaftaran terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Negara, serta online help desk/call center yang dikelola masing-masing kementerian/lembaga,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah akan kembali membuka jalur formasi umum dan formasi khusus pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021. Untuk formasi khusus CPNS terdiri dari formasi putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude).

Baca Juga:
Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Kemudian, formasi penyandang disabilitas, formasi diaspora, dan juga formasi bagi putra/putri Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di kementerian dan lembaga. Untuk seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dibuka bagi jabatan guru dan nonguru.

Pengumuman dan informasi lain terkait rekrutmen CASN 2021 dapat diakses oleh para calon pelamar dari sumber yang terpercaya seperti website dan medsos resmi milik Kementerian PANRB, BKN, dan instansi pemerintah yang akan membuka rekrutmen CASN. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara