RUMANIA

Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini Saran EY Soal Kebijakan Pajak 2021

Redaksi DDTCNews | Jumat, 06 November 2020 | 11:47 WIB
Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini Saran EY Soal Kebijakan Pajak 2021

Ilustrasi. (DDTCNews)

BUKARES, DDTCNews – Perusahaan konsultan, Ernst & Young (EY) menyarankan Pemerintah Rumania untuk selektif mengejar penerimaan pajak dari korporasi di tengah upaya memulihkan perekonomian nasional.

Partner Pajak dan Litigasi EY Rumania Mihaela Mitroi mengatakan penetapan kebijakan relaksasi oleh pemerintah pada tahun depan tidaklah mudah. Apalagi, defisit anggaran Rumania terbilang tinggi di kawasan Eropa, sekitar 4,7% pada 2019.

"Anda bisa lihat dengan mudah pemerintah di Eropa tidak menggunakan kenaikan tarif pajak untuk pemulihan ekonomi. Pengenaan pajak baru hanya terbatas pada pajak karbon, pajak digital, atau pajak atas transaksi keuangan," katanya dikutip Jumat (6/11/2020).

Baca Juga:
Jika Batalkan 2 Pilar OECD, UN Tax Convention Tak Akan Disahkan Eropa

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, lanjut Mitroi, Romania membutuhkan pembayar pajak yang sehat secara ekonomi. Meski begitu, dampak pandemi Covid-19 kepada sektor perekonomian masih terasa, sehingga dukungan pemerintah masih diperlukan.

Pada saat bersamaan, pemerintah juga memiliki pekerjaan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan memperbaiki kinerja defisit anggaran. Alhasil, proses pemulihan ekonomi nasional menjadi tidak mudah.

Oleh karena itu, Mitroi menilai agenda mengamankan penerimaan negara tahun depan bisa dilakukan pemerintah secara selektif kepada perusahaan yang memiliki kapasitas membayar pajak. Hal yang sama juga berlaku saat memberikan insentif pajak dan belanja sosial.

"Pemerintah pada gilirannya harus mendukung perusahaan untuk bertahan dengan bantuan negara dan insentif pajak. Proses pemulihan ekonomi ini semua bergantung kepada keberhasilan kemitraan itu [pemerintah-dunia usaha]," imbuhnya seperti dilansir business-review.eu. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi