AUSTRALIA

Dukung Industri Game, Pemerintah Siapkan Diskon Pajak

Dian Kurniati | Rabu, 12 Mei 2021 | 12:01 WIB
Dukung Industri Game, Pemerintah Siapkan Diskon Pajak

Ilustrasi.

CANBERRA, DDTCNews – Pemerintah Australia tengah menyiapkan insentif berupa pemotongan pajak hingga 30% untuk pengembangan industri game.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan insentif pajak tersebut merupakan bagian dari program pemerintah yaitu Strategi Ekonomi Digital senilai AU$1,2 miliar atau setara dengan Rp13,3 triliun dan akan masuk dalam anggaran federal.

"[Insentif ini dirancang untuk mendukung Australia] mengambil bagian yang lebih besar pada pasar pengembangan games global senilai AU$250 miliar [setara Rp2,7 kuadriliun]," katanya, dikutip pada Rabu (12/5/2021).

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

Morrison menjelaskan insentif diberikan kepada perusahaan yang mengeluarkan biaya minimum AU$500.000 untuk setiap game yang memenuhi syarat. Kemudian, diskon pajak yang akan diberikan maksimal AU$20 juta per perusahaan setiap tahun.

Ombudsman Usaha Kecil Australia Bruce Billson menyambut rencana pemerintah untuk mendukung pengembangan industri game. Menurutnya, pemberian insentif akan mendorong adopsi digital yang lebih besar pada usaha kecil agar makin kompetitif secara global.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mendorong usaha kecil mengadopsi teknologi digital. Dengan insentif senilai AU$1,2 miliar, potensi ekonomi digital yang berkembang di Australia dapat mencapai AU$28 miliar atau setara dengan Rp310,5 triliun dalam 10 tahun.

Baca Juga:
Tingkatkan Kesadaran Pajak, Uni Emirat Arab Terbitkan Taxpayer Charter

"Pada kenyataannya, digitalisasi sangat penting untuk menjadi benar-benar kompetitif," ujarnya seperti dilansir if.com.au.

Sekadar informasi, potongan pajak sebesar 30% tersebut akan menjadi insentif pertama yang diberikan pemerintah federal kepada industri pengembangan game setelah Dana Games Interaktif Australia dihentikan pada 2014.

CEO Interactive Games and Entertainment Association Ron Curry pernah menyatakan pentingnya pemerintah federal memberi dukungan lebih besar kepada industri game. Dia meyakini insentif pajak akan membuat kreator Australia makin bersemangat dalam menciptakan game terbaik di dunia.

"Ini akan memacu pembentukan studio-studio game baru di Australia dan mendukung studio tersebut mengambil proyek baru yang ambisius sehingga menciptakan lapangan kerja pengembangan game di setiap negara bagian," tuturnya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M