AMERIKA SERIKAT

Demi Keadilan Berusaha, DPR Sepakati Vape Kena Cukai 7%

Nora Galuh Candra Asmarani | Senin, 29 Juni 2020 | 13:51 WIB
Demi Keadilan Berusaha, DPR Sepakati Vape Kena Cukai 7%

Ilustrasi. (DDTCNews)

ATLANTA, DDTCNews—DPR Georgia, negara bagian Amerika Serikat (AS) menyepakati usulan pengenaan cukai (excise taxes) atas produk vape dengan tarif sebesar 7% dalam rangka memastikan keadilan berusaha.

Anggota DPR asal Partai Republik Georgia Bonnie Rich mengatakan pengenaan cukai pada produk vape tersebut ditujukan untuk menciptakan kesepadanan dengan produk rokok konvensional yang saat ini sudah kena cukai.

"Hal yang adil bila mengenakan cukai yang sebanding, mirip dengan masalah Uber versus taksi, Airbnb versus hotel. Pajak [vape] diusahakan sebanding dengan cukai rokok yang sudah kita miliki,” tutur Rich, dikutip Senin (29/6/2020).

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

Rich menambahkan cukai vape berpotensi menghasilkan penerimaan USD$11 juta sampai dengan USD$13 juta pada tahun pertama. Partai Republik juga meyakini rancangan aturan ini akan sebanding dengan cukai produk tembakau.

Di sisi lain, DPR dari Partai Republik tidak sepakat menaikkan tarif cukai rokok. Penolakan mempertimbangkan usulan kenaikan cukai atas produk rokok dan tembakau lainnya datang dari para pemimpin Partai Republik.

Sebelumnya, Komite Senat mengusulkan kenaikan tarif cukai rokok dari USD$0,37 untuk 20 batang/bungkus menjadi USD$1,35. Pasalnya, tarif cukai rokok di Georgia merupakan salah satu yang terendah di AS.

Baca Juga:
Mulai 2025! Biaya Olahraga di Negara Ini Bisa Jadi Pengurang Pajak

Sebagai perbandingan, tarif cukai rokok tertinggi saat ini ada di District of Columbia dengan tarif USD$4,98 untuk 20 batang. Sementara itu, Missouri memiliki tarif cukai terendah yaitu USD$0,17 untuk 20 batang.

Dilansir dari theatlantavoice, usulan kenaikan tarif cukai rokok ini diestimasi menghasilkan lebih dari US$400 juta per tahun. Adapun rancangan aturan tersebut saat ini tengah dibahas di tingkat Senat dan kesepakatan akan dicapai akhir pekan ini. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

29 Juni 2020 | 16:07 WIB

saya sangat setuju dengan kebijakan yang menerapkan asas keadilan bagi para Usahawan ( dalam hal ini rokok dan vape). Akan tetapi, mungkin seperti di Indonesia kita tahu ada pajak rokok dan cukai rokok, dalam penerapan kebijakan harus benar-benar dipertimbangkan kembali apakah kebijakan tersebut adalah yang paling tepat dapat memberikan keadilan bagi usahawan baik itu rokok maupun vape. Terimakasih

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 24 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Sedang Uji Coba, Ini Manfaat Modul Vehicle Declaration dalam CEISA 4.0

Rabu, 24 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

DJP Bakal Tunjuk Wajib Pajak, Uji Coba Kesiapan Coretax System

Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering