PEMILU 2024

Debat Pertama Capres-Cawapres, Ini Daftar Nama Panelis dan Moderator

Dian Kurniati | Minggu, 10 Desember 2023 | 17:32 WIB
Debat Pertama Capres-Cawapres, Ini Daftar Nama Panelis dan Moderator

Anggota KPU August Mellaz. (Foto: Instagram KPU RI)

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan panelis dan moderator dalam pelaksanaan debat perdana calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) pada Selasa, 12 Desember 2023.

Anggota KPU August Mellaz mengatakan ada 11 panelis dan 2 moderator yang ditunjuk. Khusus panelis, mereka akan menjalani karantina untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan dalam debat. Adapun karantina untuk panelis 5 kali debat akan mulai digelar pada 10 Desember 2023.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang yang akan jadi panelis untuk debat pertama," katanya, dikutip pada Minggu (10/11/2023).

Baca Juga:
Dampak Digitalisasi terhadap Urusan Pajak Perusahaan dan Otoritas

Augus mengatakan karantina untuk panelis debat dilaksanakan seperti pemilu periode sebelum-sebelumnya. Para panelis juga harus menandatangani pakta integritas untuk memastikan materinya tidak bocor.

Dia menjelaskan pemilihan panelis juga sudah mempertimbangkan usulan pada pasangan calon capres-cawapres. Adapun kesebelas panelis tersebut antara lain:

  1. Pakar ilmu politik UGM Mada Sukmajati
  2. Pakar ilmu politik Undana Rudi Rohi
  3. Pakar hukum tata negara Undip Lita Tyesta ALW
  4. Pakar hukum Unand Khairul Fahmi
  5. Pakar hukum tata negara UNS Agus Riewanto
  6. Pakar hukum tata negara Unpad Susi Dwi Harijanti
  7. Guru besar ilmu perundang-undangan Unej Bayu Dwi Anggono
  8. Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik
  9. Guru besar ilmu agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin
  10. Pakar ilmu komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto
  11. Pakar ilmu politik UGM Wawan Mas’udi

Selain telah menetapkan nama-nama panelis, KPU juga telah menunjuk 2 moderator debat perdana capres-cawapres. Keduanya adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Debat berdurasi total 120 menit tersebut disiarkan secara langsung di televisi mulai pukul 19.00 WIB.

Baca Juga:
Dapat Kiriman Hadiah dari Luar Negeri, Tetap Harus Bayar Bea Masuk?

"Mekanismenya nanti pertanyaan itu akan disegel. Terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke paslon kan pasti akan bentuk undian, semacam itu," ujarnya.

Sesuai dengan Pasal 277 ayat (3) UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum, moderator debat dipilih oleh KPU dengan kriteria memiliki integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu paslon.

Sebagai informasi kembali, debat perdana akan menggunakan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat pertama akan digelar untuk capres.

Baca Juga:
DJP: Koreksi Harga Transfer Tak Serta Merta Berujung Penyesuaian PPN

Debat kedua akan dilaksanakan untuk cawapres. Adapun tema untuk debat kedua adalah ekonomi—baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital—, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN, APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga akan diselenggarakan untuk capres. Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat keempat akan digelar untuk cawapres. Adapun tema untuk debat keempat adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa.

Baca Juga:
Pemerintah Beri Insentif PPnBM DTP atas Mobil Listrik CBU dan CKD

Debat kelima akan dilaksanakan untuk capres. Tema debat terakhir ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Adapun debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023, debat ketiga pada 7 Januari 2024, debat keempat pada 21 Januari 2024, serta debat kelima pada 4 Februari 2024.

Terkait dengan tema, mayoritas (93,8% dari 2.080) responden dalam survei pajak dan politik DDTCNews menganggap debat capres-cawapres perlu secara khusus mengangkat topik cara untuk mendapatkan uang, termasuk perpajakan, sebagai pendanaan agenda pembangunan.

Download laporan hasil survei pajak dan politik DDTCNews bertajuk Saatnya Parpol & Capres Bicara Pajak melalui https://bit.ly/HasilSurveiPakpolDDTCNews2023. Simak ‘Debat Capres: Perlu Topik Cara Dapat Pendanaan, Termasuk Perpajakan’. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 20 Februari 2024 | 19:00 WIB RESENSI BUKU

Dampak Digitalisasi terhadap Urusan Pajak Perusahaan dan Otoritas

Selasa, 20 Februari 2024 | 18:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Dapat Kiriman Hadiah dari Luar Negeri, Tetap Harus Bayar Bea Masuk?

Selasa, 20 Februari 2024 | 17:30 WIB PENGAWASAN CUKAI

Desak Mobil ke Rest Area Tol, Bea Cukai Amankan 300.000 Rokok Ilegal

Selasa, 20 Februari 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP: Koreksi Harga Transfer Tak Serta Merta Berujung Penyesuaian PPN

Selasa, 20 Februari 2024 | 15:45 WIB PMK 9/2024

Pemerintah Beri Insentif PPnBM DTP atas Mobil Listrik CBU dan CKD

Selasa, 20 Februari 2024 | 15:36 WIB PMK 172/2023

Indikator Harga Transaksi Independen, Data Pembanding Bisa Tahun Jamak

Selasa, 20 Februari 2024 | 15:30 WIB PERPRES 79/2023

Pemerintah Revisi Aturan Kendaraan Listrik, Termasuk Insentif Pajak

Selasa, 20 Februari 2024 | 15:13 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Pebisnis Wait and See, Jokowi Berharap Investasi Meningkat Usai Pemilu