FILIPINA

Cegah Kecurangan Pajak, Pemerintah Minta Fiskus Kerja Lebih Keras

Dian Kurniati | Selasa, 03 Agustus 2021 | 18:30 WIB
Cegah Kecurangan Pajak, Pemerintah Minta Fiskus Kerja Lebih Keras

Menteri Keuangan Filipina Carlos Dominguez III. (foto: Departemen Keuangan Filipina)

MANILA, DDTCNews - Menteri Keuangan Filipina Carlos Dominguez III meminta otoritas pajak (Bureau of Internal Revenue/BIR) terus mengoptimalkan penerimaan hingga realisasinya melampaui target yang ditetapkan.

Dominguez mengatakan pajak memiliki peran besar untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian. Menurutnya, salah satu upaya yang harus dilakukan yakni menutup celah kecurangan pajak.

"Dengan kata lain, tidak ada ruang bagi kita untuk gagal mencapai target penerimaan. Untuk dapat mencapai target, semuanya tergantung pada keberhasilan BIR dalam meningkatkan pendapatan yang sangat dibutuhkan," katanya, dikutip pada Selasa (3/8/2021).

Baca Juga:
Publik Bisa Minta Pegawai Pajak Jadi Narasumber Acara, Begini Caranya

Dominguez menjelaskan BIR telah memulai program digitalisasi komprehensif guna mengoptimalkan setoran pajak sejak sebelum pandemi Covid-19. Digitalisasi tersebut membuat tugas pengumpulan pajak tetap berjalan di tengah kebijakan lockdown.

Namun, ia mengingatkan digitalisasi sistem pajak harus terus berlanjut. Upaya tersebut juga harus didukung dengan langkah lain sehingga penerimaan pajak terus meningkat setiap tahun.

Dominguez menilai pandemi Covid-19 menjadi tantangan berat dalam pengelolaan fiskal negara, termasuk dari sisi pengumpulan pajak. Bagaimanapun, pendanaan berbagai program penanganan pandemi juga bergantung pada penerimaan pajak.

Baca Juga:
Mengenal Pajak Usaha yang Dikenakan ke Pedagang di Era Mataram Kuno

Untuk itu, ia meminta semua pegawai pajak bekerja lebih keras untuk melampaui target penerimaan. Dominguez lantas membandingkan upaya melampaui target tersebut dengan atlet yang memperoleh medali emas dalam ajang olimpiade.

Menurutnya, pemerintah juga terus mendukung optimalisasi penerimaan dengan melakukan reformasi pajak. "Kemenangan BIR berarti masa depan fiskal yang aman bagi negara dan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat Filipina," ujarnya seperti dilansir pna.gov.ph.

Sepanjang semester I/2021, BIR telah mengumpulkan penerimaan pajak senilai P1,03 triliun atau setara dengan Rp296,9 triliun. Jumlah tersebut melebihii target tengah tahun sejumlah P1,018 triliun atau setara dengan Rp292,9 triliun.

Sementara untuk sepanjang tahun ini, pemerintah menargetkan penerimaan pajak mencapai P2,08 triliun atau setara dengan Rp598,5 triliun, tumbuh 7% dari realisasi tahun lalu sejumlah P1,95 triliun atau setara dengan Rp561,1 triliun. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:00 WIB IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

WP Penerima Tax Holiday IKN Juga Berhak Dapat Pembebasan PPh Potput

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:45 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:30 WIB PER-6/PJ/2011

Berapa Batas Nilai Zakat yang Bisa Dijadikan Pengurang Pajak?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Hal-Hal yang Membuat NIK dan NPWP Tak Bisa Dipadankan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pungut PPN Atas Penyerahan Hasil Tembakau? Pakai Dokumen CK-1

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:00 WIB BPJS KESEHATAN

Pemerintah Pastikan Belum akan Ubah Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:35 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Siap-Siap, Coretax System Bisa Rekam Data Transaksi Wajib Pajak