KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Minta Menteri Pastikan Transisi ke Pemerintahan Prabowo Efektif

Dian Kurniati
Jumat, 13 September 2024 | 09.45 WIB
Jokowi Minta Menteri Pastikan Transisi ke Pemerintahan Prabowo Efektif

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/09/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

JAKARTA, DDTCNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri di Kabinet Indonesia Maju memastikan transisi pemerintahan dapat berjalan efektif.

Jokowi mengatakan transisi menuju pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto hanya menyisakan waktu sekitar sebulan. Dia pun berharap semua menteri mendukung proses transisi ini agar berjalan mulus.

"Kita semuanya harus mendukung penuh program presiden terpilih. Pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif," katanya dalam sidang kabinet paripurna di IKN, Jumat (13/9/2024).

Jokowi mengatakan para menteri dapat membuat kebijakan atau peraturan baru untuk mendukung proses transisi pemerintahan. Menurutnya, proses penyusunan kebijakan ini harus dilakukan dengan cepat mengingat periode transisi yang terbatas.

Meski demikian, dia meminta para menteri tetap berhati-hati dalam membuat kebijakan jelang pemerintahannya berakhir. Para menteri dilarang membuat kebijakan yang ekstrem, terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak dan berpotensi merugikan masyarakat.

Dia menilai Indonesia membutuhkan stabilitas untuk melakukan pembangunan sehingga tidak boleh ada riak dan gejolak hingga pemerintahan berikutnya terbentuk.

Dalam sebulan mendatang, Jokowi meminta para menteri segera menyelesaikan pekerjaannya, terutama terkait dengan administrasi pertanggungjawaban dan kendala-kendala yang belum terselesaikan.

"Utamanya untuk program-program unggulan presiden terpilih agar setelah dilantik pemerintahan baru bisa segera bekerja dan berlari kencang," ujarnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.