PAJAK BERTUTUR 2024

DJP Jakarta Utara Kenalkan Pajak ke Siswa SMK Lewat Cara Ini

Muhamad Wildan
Jumat, 09 Agustus 2024 | 09.15 WIB
DJP Jakarta Utara Kenalkan Pajak ke Siswa SMK Lewat Cara Ini

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil DJP Jakarta Utara Hendriyan.

JAKARTA, DDTCNews - Kantor Wilayah Ditjen Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Utara menggelar kegiatan Pajak Bertutur 2024 di SMK Sejahtera Jakarta.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil DJP Jakarta Utara Hendriyan mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan DJP yang digelar secara serentak untuk memperkenalkan pajak kepada peserta didik sejak dini.

"Tahun ini Pajak Bertutur diselenggarakan juga untuk mengampanyekan inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan. Hari ini, seluruh kantor pajak di Indonesia menyelenggarakan Pajak Bertutur. Beruntunglah adik-adik siswa yang hadir di sini menjadi bagian dari acara besar DJP," kata Hendriyan, dikutip Jumat (9/8/2024).

Hendriyan berharap materi pajak yang dijelaskan oleh para penyuluh Kanwil DJP Jakarta Utara, yakni Roberto Ritonga dan Arif Muhammad Najib, dapat menambah pengetahuan para siswa.

Dalam paparannya, Roberto dan Arif menyampaikan materi terkait APBN, porsi pajak dalam APBN, definisi dari pajak, hingga free rider dalam pajak.

Pada akhir sesi, perwakilan siswa diminta untuk merangkum materi yang telah disampaikan, Rana selaku perwakilan siswa bernama Rana pun mengatakan bahwa pajak berkontribusi sebesar 70% terhadap APBN.

"Dalam APBN ada pendapatan pajak lebih dari 70%, ini seperti manusia terdiri dari 70% air. Untuk tetap hidup dan bisa beraktifitas manusia membutuhkan air dan supaya negara tetap berjalan dibutuhkan uang pajak," jelas Rana.

Untuk diketahui, DJP menggelar kegiatan Pajak Bertutur setiap tahun dalam rangka menumbuhkan kesadaran pajak pada pelajar selaku wajib pajak masa depan. Dengan memahami manfaat pajak, para pelajar diharapkan dapat menjadi wajib pajak patuh ketika dewasa dan memiliki penghasilan.

"Membangun bangsa yang sadar pajak tidak hanya menyasar kepada wajib pajak, tetapi harus dimulai sejak usia dini," kata Dirjen Pajak Suryo Utomo membuka kegiatan Pajak Bertutur tahun ini. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.