KEBIJAKAN KEPABEANAN

Timnas Indonesia Kembali dari Piala Asia U-23, DJBC Beri Layanan Ini

Dian Kurniati
Senin, 13 Mei 2024 | 14.42 WIB
Timnas Indonesia Kembali dari Piala Asia U-23, DJBC Beri Layanan Ini

DJBC menyambut kedatangan timnas Indonesia U-23. (foto: tangkapan layar akun media sosial DJBC)

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) telah memberikan berbagai layanan dalam menyambut Tim Nasional Indonesia U-23 yang tiba di Tanah Air seusai berlaga di Piala Asia 2024 U-23 di Qatar.

Saat ini, Tim Nasional Indonesia U-23 tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 11 Mei 2024 lalu, Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta langsung memberikan layanan percepatan pelaporan customs declaration secara elektronik atau e-CD.

"Kedatangan Timnas U-23 disambut antusias dengan layanan percepatan pelaporan e-CD dan pemeriksaan barang bawaan penumpang," bunyi keterangan foto yang diunggah akun Instagram @bcsoetta, Senin (13/5/2024).

PMK 203/2017 mengatur penumpang yang tiba di Indonesia melalui bandara internasional wajib menyampaikan barang bawaannya secara tertulis. Namun, barang bawaan penumpang tidak otomatis akan dikenakan bea masuk atau pajak dalam rangka impor.

Berdasarkan PMK itu, setiap penumpang dari luar negeri yang memasuki Indonesia mendapatkan fasilitas pembebasan atas barang bawaan pribadi sebesar US$500 per orang per kedatangan. Atas kelebihannya akan dikenakan bea masuk berdasarkan tarif umum.

Awalnya, customs declaration disampaikan melalui tulisan pada formulir yang dibagikan di dalam pesawat sesaat sebelum mendarat di Indonesia. Kini, layanan e-CD akan memudahkan penumpang menyampaikan barang bawaannya secara online.

Penggunaan e-CD memiliki beragam kelebihan dibandingkan pengisian formulir secara manual. Bagi pengguna layanan, e-CD dinilai lebih praktis, cepat, dan fleksibel karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui gawai bahkan sejak H-2 kedatangan.

Bagi petugas bea cukai, e-CD membuat proses pengawasan terhadap barang bawaan penumpang lebih efektif dan efisien. Selain itu, layanan e-CD juga dapat meningkatkan ketertiban administrasi karena data telah terintegrasi dan terstandardisasi secara nasional.

"Bea Cukai Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan pengawasan dengan manajemen risiko yang andal," bunyi tulisan akun @bcsoetta. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.