INVESTASI EKONOMI

Dorong Investasi, Insentif Pajak Dievaluasi

Redaksi DDTCNews
Selasa, 13 Februari 2018 | 11.32 WIB
Dorong Investasi, Insentif Pajak Dievaluasi

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati punya resep agar laju ekonomi membaik tahun ini. Investasi adalah kunci agar ekonomi Indonesia tetap tumbuh.

Oleh karena itu, untuk mendorong investasi sejumlah perubahan akan diaplikasikan. Salah satunya adalah perubahan insentif pajak.

"Kita sudah melakukan review terhadap tax allowance dan tax holiday. Dari sisi pelaksanaan tax allowance dan tax holiday ini, apa faktor-faktor yang menjadi penghambat," katanya usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin (12/2).

Sejumlah perubahan tersebut untuk mengakomodasi keluhan pengusaha. Seperti ada kriteria yang dianggap terlalu berat, misalnya jumlah tenaga kerja yang harus diserap dan juga jumlah minimal investasi utama yang harus ditanamkan.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dari sisi skema tax allowance akan dibuat untuk ramah terhadap pengusaha. Jadi, dari sisi peraturan akan ada insentif bagi berkembangnya usaha.

"Dari sisi aturan dengan memberikan kompensasi sehingga insentif buat pengusaha untuk invest jadi muncul, risiko menjadi lebih kecil tapi return lebih tinggi dan insentifnya jadi lebih besar lagi," katanya dilansir laman Setkab RI.

Semua upaya penyederhanaan dari sisi peraturan tersebut dilakukan agar komposisi pertumbuhan ekonomi lebih merata. Tidak hanya mengandalkan satu mesin pertumbuhan, seperti konsumsi.

"Itu yang dilakukan dengan mengurangi berbagai peraturan yang menghalangi dan kemudian menciptakan proses yang lebih singkat dan mudah," tutupnya. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.