THAILAND

Kembangkan Financial Hub, Thailand Siapkan Insentif Pajak

Dian Kurniati
Jumat, 06 September 2024 | 19.00 WIB
Kembangkan Financial Hub, Thailand Siapkan Insentif Pajak

Ilustrasi.

BANGKOK, DDTCNews - Pemerintah Thailand tengah menyiapkan insentif pajak untuk menarik lebih banyak investasi di financial hub di negara tersebut.

Wakil Menteri Keuangan Paopoom Rojanasakul mengatakan pemerintah ingin menarik lebih banyak lagi investasi pada sektor industri keuangan. Untuk itu, insentif pajak disiapkan untuk para investor yang masuk dan menanamkan modal di financial hub.

"Persaingan untuk menjadi financial hub harus didukung oleh tarif pajak yang menarik dan ekosistem yang mendukung," katanya, dikutip pada Jumat (6/9/2024).

Paopoom menuturkan pemerintah telah menyiapkan 3 strategi utama untuk menarik investasi asing, yakni membentuk komplek hiburan, aviation hub, and financial hub. Menurutnya, rencana kebijakan untuk financial hub juga telah disetujui secara prinsip oleh kabinet.

Mengenai insentif pajak, pemerintah akan memangkas tarif PPh orang pribadi dan badan untuk wajib pajak tertentu sebagai bagian dari inisiatif financial hub. Selain itu, insentif nonfiskal juga disiapkan seperti kemudahan masuk dan bekerja di Thailand bagi warga negara asing.

Menurut Paopoom, banyak financial hub di seluruh dunia yang juga menawarkan insentif pajak yang menarik. Di kawasan Asia Tenggara misalnya, Singapura telah berhasil menjadi financial hub salah satunya karena memiliki tarif PPh badan rendah.

Selain insentif, lanjutnya, pemerintah tengah menyusun RUU untuk mendirikan Badan Penjaminan Kredit Nasional sehingga terbentuk ekosistem yang ideal bagi bisnis keuangan.

"Mengenai kebijakan ekonomi ini, harap tunggu informasi yang lebih akurat," ujarnya seperti dilansir bangkokpost.com. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.