UNIVERSITAS PADJADJARAN

Belajar Soal Konsultan Pajak, Mahasiswa FEB Unpad Kunjungi Menara DDTC

Dian Kurniati | Senin, 19 Juni 2023 | 16:06 WIB
Belajar Soal Konsultan Pajak, Mahasiswa FEB Unpad Kunjungi Menara DDTC

Founder DDTC Darussalam (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Program Studi D-4 Akuntansi Perpajakan FEB Unpad Muhammad Dahlan (kanan), Senin (19/6/2023) di Menara DDTC.

JAKARTA, DDTCNews – Perwakilan mahasiswa dan dosen Program Studi D-4 Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (FEB Unpad) mengunjungi Menara DDTC pada hari ini, Senin (19/6/2023). Mereka mempelajari proses bisnis dari perusahaan konsultan pajak.

Founder DDTC Darussalam mengatakan untuk menjadi konsultan pajak bertaraf dunia, mahasiswa akuntansi perpajakan perlu melakukan persiapan secara matang. Persiapan menjadi konsultan tersebut haruslah dilakukan sejak dini.

“Makanya tidak heran, achievement adalah konsekuensi logis dari apa pun yang Anda telah usahakan," katanya dalam acara dengan bertajuk Get to Know Pro Bono Firm of The Year 2022 in Asia Pacific tersebut.

Baca Juga:
Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Darussalam menuturkan aspek penting yang harus dimiliki seseorang untuk berkarier pada bidang pajak ialah membangun kepercayaan dari pemangku kepentingan. Apalagi, pada era globalisasi, peluang dan tantangan untuk menjadi konsultan pajak bertaraf dunia juga makin berat.

Pentingnya Membaca bagi Konsultan Pajak

Darussalam menjelaskan aksi pertama untuk mewujudkan mimpi sebagai konsultan pajak ialah membaca. Dengan sistem pajak nasional dan internasional yang dinamis, profesional pada bidang pajak pun harus memiliki kegemaran untuk membaca.

Menurutnya, kegiatan membaca akan memperluas pandangan dan keterampilan, terutama di tengah era globalisasi. Pandangan dan keterampilan yang cakap juga dapat menjadi modal awal untuk berprofesi di bidang pajak.

Baca Juga:
Kanwil DJP Jakarta Selatan II Resmikan Tax Center STIH IBLAM

Kendati demikian, membaca saja tidak cukup karena seorang profesional pajak juga harus menuangkan hasil pemikiran dalam tulisan. Setelah itu, tulisan tersebut perlu dipublikasikan sehingga dapat dibaca oleh masyarakat umum.

"Apa yang Anda baca dan tulis, berikutnya harus Anda share dong. Itulah kekuatan Anda agar orang-orang tahu Anda itu hebat," ujar Darussalam.

Dia juga meminta mahasiswa akuntansi perpajakan tidak pernah berhenti belajar walaupun nantinya sudah menjadi konsultan pajak. Pada tahap ini, seorang konsultan pajak disarankan untuk memiliki spesialisasi sehingga makin dipercaya publik.

Baca Juga:
WP Bisa Unduh Buku Pedoman Pemotongan PPh Pasal 21, Cek di Sini

Spesialisasi yang biasanya paling banyak dicari misalnya pajak internasional dan transfer pricing. "Menjadi konsultan pajak mungkin menjanjikan, tetapi Anda harus memilih spesialisasi yang tidak banyak orang tahu sehingga pasarnya masih besar," tuturnya.

Mendampingi 35 mahasiswa dalam kunjungan tersebut, Ketua Program Studi D-4 Akuntansi Perpajakan FEB Unpad Muhammad Dahlan menjabarkan 3 tujuan dari digelarnya kegiatan company visit tersebut.

Pertama, kunjungan di Menara DDTC bertujuan membakar semangat mahasiswa untuk bergelut di bidang pajak. Mahasiswa akuntansi perpajakan perlu memiliki pandangan yang jauh ke depan untuk berkarier di bidang pajak.

Baca Juga:
Perpajakan DDTC Tawarkan Literatur Pajak Berbahasa Inggris ​

Menurutnya, kunjungan tersebut telah memberikan bekal penting untuk meraih kesuksesan sebagai konsultan pajak atau profesi lainnya.

Kedua, mahasiswa akuntansi perpajakan Unpad diharapkan dapat magang, bahkan bekerja di DDTC. Ketiga, DDTC diharapkan memberikan masukan bagi kampus untuk terus mengembangkan kurikulum yang paling ideal bagi mahasiswa.

"Kami berharap mendapat masukan dalam hal pengembangan kurikulum karena kami merasa perlu untuk terus meng-upgrade kurikulum kami. Ini penting supaya anak didik kami sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," ujar Dahlan.

Baca Juga:
Edukasi Bendahara soal TER PPh 21, Fiskus: Tak Ada Beban Pajak Baru

Sebagai informasi, DDTC memenangkan penghargaan pajak tingkat Asia-Pasifik. Penghargaan yang dimaksud adalah Pro bono Firm of the Year dari International Tax Review (ITR) dalam ajang Asia-Pacific Tax Awards 2022.

Dengan penghargaan Pro bono Firm of the Year, konsultan pajak asal Indonesia tersebut mendapat pengakuan internasional atas peran aktifnya dalam mendorong edukasi pajak yang inklusif dan sistem perpajakan yang lebih baik bagi seluruh elemen masyarakat.

ITR merupakan penyedia layanan berita dan analisis global yang memberi informasi praktis tentang tiga bidang utama, yakni pajak langsung (direct tax), pajak tidak langsung (indirect tax), dan transfer pricing.

Baca Juga:
Sambut Hari Kartini, DDTC Hadirkan Diskon untuk Perempuan Indonesia

Penghargaan ini merupakan hasil pemeringkatan yang dilakukan ITR. Dengan riset independen serta cakupan firma dan praktisi pajak terkemuka di dunia, ITR berupaya secara akurat membandingkan firma dan praktisi pajak dengan rekan sejawat (peers).

Selain memenangkan Pro bono Firm of the Year, DDTC juga menjadi nominator pada 5 kategori lainnya ajang Asia-Pacific Tax Awards 2022.

Kelimanya adalah Tax Policy Firm of the Year, Tax Technology Firm of the Year, Indonesia Tax Firm of the Year, Indonesia Transfer Pricing Firm of the Year, dan Indonesia Tax Disputes Firm of the Year. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 26 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Kamis, 25 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA SELATAN II

Kanwil DJP Jakarta Selatan II Resmikan Tax Center STIH IBLAM

Rabu, 24 April 2024 | 10:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Bisa Unduh Buku Pedoman Pemotongan PPh Pasal 21, Cek di Sini

Selasa, 23 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Perpajakan DDTC Tawarkan Literatur Pajak Berbahasa Inggris ​

BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD