KEBIJAKAN CUKAI

Ada Kenaikan Tarif CHT, DJBC Lakukan Monitoring Harga Transaksi Pasar

Dian Kurniati | Selasa, 14 Maret 2023 | 15:00 WIB
Ada Kenaikan Tarif CHT, DJBC Lakukan Monitoring Harga Transaksi Pasar

Pekerja mengemas tembakau dari talas beneng di Desa Wantisari, Lebak, Banten, Minggu (12/3/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) kembali melaksanakan kegiatan pemantauan perkembangan harga transaksi pasar produk hasil tembakau (monitoring HTP).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan DJBC Hatta Wardhana mengatakan kegiatan monitoring HTP dilaksanakan secara rutin setiap 3 bulan untuk memantau harga jual produk hasil tembakau. Kegiatan tersebut dilakukan oleh petugas pada unit vertikal DJBC di berbagai daerah.

"Kami ingin memastikan harga jual eceran produk hasil tembakau yang tercantum dalam pita cukai tidak jauh beda dengan harga transaksi di pasaran," katanya, dikutip pada Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:
Sudah 3 Tahun Berjalan, Begini Evaluasi DJBC Soal Penyelenggaraan APHT

Hatta mengatakan monitoring HTP diperlukan untuk melihat sekaligus memantau perkembangan HTP produk rokok yang dijual di pasar, baik pada toko kecil dan besar. Harga jual eceran (HJE) minimum rokok mengalami peningkatan setelah pemerintah memutuskan menaikkan tarif cukai rata-rata tertimbang sebesar 10% pada tahun ini.

Dia menjelaskan petugas DJBC dalam kegiatan monitoring HTP akan mengunjungi beberapa toko untuk mendata harga produk hasil tembakau yang dijual. Petugas akan mengambil dan memeriksa beberapa produk rokok berbagai merek yang ada di etalase toko.

Kemudian, petugas juga membandingkan HJE yang tercantum pada pita cukai hasil tembakau dengan harga yang ditetapkan oleh penjual. Selain dari harga, petugas turut mencatat jenis, isi, nama merek, kode personalisasi, serta perusahaan yang memproduksinya.

Baca Juga:
Bea Cukai Sebut NLE Mulai Diterapkan di 6 Bandara, Begini Detailnya

Menurutnya, kegiatan monitoring HTP diharapkan mampu menjaga selisih antara HJE rokok di pasar dan HJE yang dicantumkan dalam pita cukai hasil tembakau tidak terlalu jauh.

Di sisi lain, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan petugas DJBC untuk mengedukasi pemilik toko tentang ciri dan bahaya rokok ilegal, serta mengimbau pedagang agar tidak menerima tawaran menjual rokok ilegal.

"Dengan konsistensi pelaksanaan monitoring HTP diharapkan dapat memastikan kestabilan harga jual produk hasil tembakau yang beredar di pasaran supaya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Sebut NLE Mulai Diterapkan di 6 Bandara, Begini Detailnya

Selasa, 26 Maret 2024 | 16:30 WIB BEA CUKAI MAKASSAR

Dapat Info Ada Peredaran Rokok Murah, Bea Cukai Sisir Warung Eceran

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk