PEREKONOMIAN INDONESIA

Soal Ekspansi Fiskal yang Hati-Hati, Ini Kata Sri Mulyani

Redaksi DDTCNews
Selasa, 23 Oktober 2018 | 11.46 WIB
Soal Ekspansi Fiskal yang Hati-Hati, Ini Kata Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (foto: Kemenkeu)

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah menegaskan ekspansi fiskal akan dilakukan secara hati-hati agar tidak berbalik mendistori perekonomian. Langkah ini ditandai dengan penyusunan target pertumbuhan penerimaan perpajakan yang tidak akan terlalu tinggi.

Apalagi, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sektor perpajakan sudah menjadi tulang punggung pendapatan negara. Kontribusi penerimaan sektor ini meningkat dari 74% pada 2014 menjadi 81% pada 2018.

“Ada yang bilang, kenapa tidak ditingkatkan secara langsung [setoran perpajakannya]. Kalau hal tersebut dilakukan maka akan membuat ekonomi kontraksi,” katanya dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium Kementerian Sekretariat Negara, Selasa (23/10/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan peningkatan kontribusi perpajakan secara bertahap (gradual) menjadi pilihan pemerintah. Hal ini diambil agar iklim ekonomi tetap kondusif, meskipun ada upaya peningkatan setoran penerimaan pajak dan bea cukai.

Pilihan kebijakan ini, klaimnya, sudah membuahkan hasil. Hasil ini terlihat dari performa pertumbuhan ekonomi yang tetap terjaga di tengah terus bertumbuhnya penerimaan perpajakan sejak pemerintahan Jokowi-JK.

“Kalau mau ubah kebijakan fiskal, maka itu dilakukan secara bertahap. Jadi, ekonomi tetap tumbuh,” imbuh Sri Mulyani.

Dia meyakini pilihan kebijakan fiskal yang dilakukan secara hati-hati di tengah mulai pulihnya perekonomian akan menjadi titik balik tax ratio. Maklum, rasio penerimaan pajak terhadap produk domestik bruto (PDB) itu telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami bisa mengembalikan tax ratio bergerak naik. Dari terus turun hingga 10%, kemudian mulai naik pada 2018 dengan outlook mencapai 11,6%. Pada 2019, trennya makin baik manjadi 12,1%,” paparnya. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.