KERJA SAMA BEA CUKAI-MANDIRI

Permudah Bayar Bea Cukai, ATM Mini Dipasang

Redaksi DDTCNews | Senin, 29 Mei 2017 | 16:08 WIB
Permudah Bayar Bea Cukai, ATM Mini Dipasang (Foto: DJBC)

JAKARTA, DDTCNews – PT Bank Mandiri akan menempatkan sebanyak 49 ATM Mini khusus untuk pembayaran Kepabeanan dan Cukai di Kantor-kantor Pelayanan Bea dan Cukai yang telah ditunjuk oleh Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Hal ini berdasarkan kesepakatan yang telah ditandatangani Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi menyebutkan kerja sama tersebut dilakukan karena masih adanya beberapa tantangan di lapangan dalam meningkatkan pelayanan dan penyetoran penerimaan negara.

Baca Juga:
Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

"Jauhnya lokasi bank menyebabkan pembayaran atas penerimaan negara menjadi tidak real-time, selain itu penerimaan negara akan ditampung di rekening bendahara penerimaan jika lokasi pembayaran jauh. Hal ini berpotensi mengakibatkan moral hazard, jika pengelolaannya tidak sesuai dengan undang-undang," ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Bea Cukai Jakarta, Jumat (26/5).

Ke depannya, mini ATM tersebut berperan sebagai sarana pembayaran dan penyetoran terhadap penerimaan negara. Penerimaan negara akan masuk ke kas negara secara real time tanpa melalui rekening penampung bendahara penerimaan, sehingga mengurangi risiko pada bendahara dalam melaporkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan.

Hal ini tentunya akan meningkatkan kredibilitas dan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena setoran penerimaan negara langsung masuk ke kas negara. Manfaat lainnya akan dirasakan oleh pengguna jasa di mana pembayaran akan dapat dilakukan di tempat-tempat di remote area, bandara internasional dan pelintas batas.

Baca Juga:
Jenis Barang yang Dapat Rush Handling Ditambah, DJBC Ungkap Tujuannya

Jika sebelumnya para pengguna jasa tidak bisa melakukan pembayaran di tempat dengan alasan lokasi yang jauh dari bank, dengan adanya mini ATM dari PT. Bank Mandiri pembayaran dapat dilakukan di tempat dan akan langsung masuk ke kas negara, hal ini juga akan mengurangi biaya administrasi yang harus dibayar oleh pengguna jasa.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan pada tahap awal Bank Mandiri akan menempatkan 56 mini ATM dan mesin EDC di Kantor-KantorBea Cukai, Pos Lintas Batas Negara, Kantor Pos, serta di Bandara dan Pelabuhan yang telah ditunjuk oleh Bea Cukai. Di samping itu, Bank Mandiri telah menambahkan fitur pembayaran di bidang kepabeanan, cukai, serta pajak ekspor dan imporpada alat pembayaran non tunai Mandiri.

“Layanan ini merupakan implementasi komitmen perseroanuntuk semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan di bidang kepabeanan, cukai, serta pajak ekspor dan impor sehingga dapat mendukung upaya pemerintah menggenjot penerimaan negara,” pungkas Kartika. (Amu)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Minggu, 19 Mei 2024 | 20:20 WIB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)

Silaturahmi Alumni FEB (KAFEB) UNS, Darussalam Berbagi Pengalaman

Minggu, 19 Mei 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Baru Daftar NPWP Orang Pribadi, WP Tak Perlu Lakukan Pemadanan NIK

Minggu, 19 Mei 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ajukan Pemanfaatan PPh Final 0 Persen di IKN, Begini Ketentuannya

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

BP2MI Minta Barang Kiriman PMI yang Tertahan Segera Diproses

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:00 WIB PERATURAN PAJAK

Jika Ini Terjadi, DJP Bisa Minta WP Naikkan Angsuran PPh Pasal 25

Minggu, 19 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penghitungan PPh 21 atas Penarikan Uang Manfaat Pensiun bagi Pegawai