DDTC ACADEMY - INTENSIVE COURSE

Pentingnya Mendalami Pemahaman Pajak Internasional, Termasuk P3B

Redaksi DDTCNews | Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:45 WIB
Pentingnya Mendalami Pemahaman Pajak Internasional, Termasuk P3B

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Pada era globalisasi ini, pesatnya perkembangan teknologi telah mempermudah proses perdagangan dan investasi lintasbatas negara/internasional. Pada saat bersamaan, banyak negara, termasuk organisasi internasional seperti OECD, berusaha mengimbangi perkembangan tersebut dengan perubahan yang dinamis pada lanskap pajak dalam kegiatan bisnis internasional.

Apa itu 'pajak internasional'? Pajak internasional merupakan suatu terminologi yang merujuk pada aspek internasional dari ketentuan pajak dari masing-masing negara (Darussalam, Hutagaol, dan Septriadi, 2010).

Ketentuan tersebut dapat saja berbeda dan saling berbenturan dengan negara lainnya sehingga dapat terjadi klaim hak pemajakan terhadap suatu objek maupun subjek pajak yang sama oleh 2 negara. Klaim tersebut dapat menimbulkan pemajakan berganda.

Untuk menghindari pemajakan berganda tersebut, pemahaman pajak internasional merupakan suatu hal yang penting dimiliki sebagai alat menghadapi globalisasi dan digitalisasi. Salah satunya, pemahaman mengenai perjanjian pajak internasional yang digunakan untuk meminimalisir pemajakan berganda, yaitu perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B).

P3B, atau dalam bahasa Inggris disebut tax treaty, adalah perjanjian perpajakan antara 2 negara mengenai hak-hak pemajakan masing-masing negara yang dibuat untuk meminimalisir pemajakan berganda.

Martin Hearson (2016) menyatakan, pada prinsipnya, P3B ditujukan untuk menentukan alokasi hal pemajakan yang timbul dari suatu transaksi yang terjadi di antara negara sumber dan negara domisili. Negara sumber adalah negara tempat sumber penghasilan berasal, sedangkan negara domisili adalah negara tempat wajib pajak berdomisili.

P3B ini membatasi ketentuan pajak domestik masing-masing negara berdasarkan hukum kebiasaan internasional. P3B antardua negara mitra perjanjian akan digunakan sebagai salah satu sumber hukum yang lebih utama dari peraturan perpajakan domestik kedua negara mitra perjanjian tersebut. Hal tersebut dikarenakan kedudukan P3B berada di atas ketentuan domestik sebagaimana P3B merupakan perjanjian yang bersifat lex specialis terhadap ketentuan domestik (lex generalis). 

Setiap P3B mempunyai prinsip dasar yang hampir sama, yaitu setiap negara yang terlibat dapat menyusun P3B berdasarkan model perjanjian yang diakui secara internasional, yaitu seperti OECD Model dan UN Model. P3B tersebut mengatur berbagai pemajakan. Di antaranya seperti pemajakan penghasilan dari usaha, penghasilan dari aset tak bergerak, penghasilan dividen, penghasilan bunga, penghasilan royalti, penghasilan dari pekerjaan bebas, dan lain sebagainya.

Pemahaman lebih mendalam mengenai konsep P3B dan ketentuan dalam setiap pasalnya akan diulas secara lengkap melalui intensive course yang akan diselenggarakan oleh DDTC Academy bertajuk 'Fundamental of International Tax and Treaty Interpretation – Batch 10' mulai 27 Agustus 2022 mendatang.

Melalui kelas intensive course tersebut, para peserta akan dibekali dengan berbagai topik terkait pajak internasional, mulai dari landasan konseptual hingga perkembangan terkini. Struktur P3B serta interpretasinya akan menjadi satu dari banyak topik kelas intensive course yang akan dibawakan oleh para pengajar bersertifikat dan berpengalaman dengan isu-isu pajak internasional. 

Pada kelas intensive course kali ini, peserta juga akan memperoleh 2 buku terbitan DDTC sekaligus secara gratis, yaitu buku Konsep dan Aplikasi Pajak Penghasilan dan Susunan dalam Satu Naskah Undang-Undang Pajak Terbaru.

Informasi selengkapnya, baca di laman berikut. Segera daftarkan diri Anda pada program Intensive Course: Fundamental of International Tax and Treaty Interpretation (Batch 10) melalui link berikut:

https://academy.ddtc.co.id/intensive_course

Membutuhkan bantuan mengenai program ini? Hubungi Hotline DDTC Academy +62812-8393-5151 (Vira), email [email protected] (Vira), atau melalui akun Instagram DDTC Academy (@ddtcacademy). (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara