KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Lantik Budi Arie sebagai Menkominfo

Dian Kurniati | Senin, 17 Juli 2023 | 09:25 WIB
Jokowi Lantik Budi Arie sebagai Menkominfo

Prosesi pelantikan Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, dan sejumlah posisi lain di kabinet. 

JAKARTA, DDTCNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Sebelumnya, Budi menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Jokowi melantik Budi Arie berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 62 P/2023, yang ditetapkan pada 14 Juli 2023. Dalam sumpahnya, Budi Arie berjanji akan menjalankan jabatannya sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Demi Tuhan saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia, yang berdasarkan pancasila, dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," bunyi sumpahnya di Istana Negara, Senin (27/7/2023).

Baca Juga:
Jokowi: Presiden dan Wapres Terpilih Harus Segera Siap-Siap Bekerja

Dalam sumpahnya, Budi Arie juga berjanji untuk menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika dan penuh tanggung jawab.

Budi Arie dilantik untuk menggantikan posisi mantan Menkominfo Johnny G Plate yang tersandung kasus korupsi. Johnny didakwa menikmati uang korupsi BTS 4G untuk memperkaya diri.

Sebelum pelantikan Budi Arie, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD ditunjuk Jokowi sebagai Plt. Menteri Menkominfo.

Baca Juga:
Ingin Jadi Anggota OECD, Jokowi Bentuk Timnas

Selain Budi Arie, Jokowi juga melantik 5 wakil menteri. Pertama, Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Kedua, Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Ketiga, Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Keempat, Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN. Kelima, Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama.

Pelantikan menteri dan 5 wakil menteri tersebut disaksikan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala lembaga. Beberapa di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 09:30 WIB KEANGGOTAAN OECD

Ingin Jadi Anggota OECD, Jokowi Bentuk Timnas

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

BERITA PILIHAN