ADMINISTRASI PAJAK

Jelang Berlaku Penuh, Hotman Paris Ajak WP Segera Validasi NIK-NPWP

Dian Kurniati
Sabtu, 09 Desember 2023 | 14.00 WIB
Jelang Berlaku Penuh, Hotman Paris Ajak WP Segera Validasi NIK-NPWP

Hotman Paris. 

JAKARTA, DDTCNews - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengajak wajib pajak segera melakukan validasi nomor pokok wajib pajak (NPWP) orang pribadi dengan nomor induk kependudukan (NIK).

Hotman mengatakan wajib pajak perlu bergegas melakukan validasi agar nantinya lebih mudah mengakses layanan pajak pada DJP. Terlebih, integrasi NIK sebagai NPWP akan berlaku penuh pada tahun depan.

"Pemadanan NIK-NPWP akan mengintegrasikan data kependudukan dengan data perpajakan sehingga kawan pajak makin mudah dalam mengakses layanan perpajakan," katanya dalam video yang diunggah akun Instagram @pajakjaksel2, dikutip pada Sabtu (9/12/2023).

Hotman mengatakan wajib pajak juga dapat melakukan validasi NIK sebagai NPWP secara mudah melalui DJP Online.

Dalam hal ini, biasanya wajib pajak akan diminta memeriksa dan melengkapi data profil, yakni data NIK/NPWP 16 digit, alamat email dan nomor ponsel, klasifikasi lapangan usaha (KLU), serta data anggota keluarga sesuai kondisi pada saat ini.

Setelahnya, wajib pajak dapat mengklik pada tombol "Ubah Profil" untuk mengubah data profil. Apabila mengalami masalah, wajib pajak dapat menghubungi Kring Pajak atau KPP terdekat melalui email atau saluran lain.

Hotman menyebut sudah lebih dari 80% wajib pajak telah memadankan NIK-NPWP. Dari angka tersebut, dia menjadi salah satunya.

"Saya sudah lakukan. Kawan pajak kapan? Ayo segera [lakukan] pemadanan NIK-NPWP melalui pajak.go.id," ujarnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.