SEWINDU DDTCNEWS
PELAYANAN KEPABEANAN

Cek Lagi Pelayanan Bea Cukai di Soetta, Sri Mulyani Ingin Pastikan Ini

Dian Kurniati
Senin, 17 April 2023 | 09.21 WIB
Cek Lagi Pelayanan Bea Cukai di Soetta, Sri Mulyani Ingin Pastikan Ini

Unggahan Menkeu Sri Mulyani tentang pengecekan pelayanan kepabeanan di Bandara Soetta.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali meninjau proses pelayanan kepabeanan dan cukai di Bandara Soekarno-Hatta.

Sri Mulyani mengatakan ingin menyaksikan pelayanan yang diberikan Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta kepada penumpang dari luar negeri. Kunjungan ini dia lakukan seusai menghadiri rangkaian agenda IMF-World Bank Spring Meetings 2023 di Amerika Serikat.

"Saya ingin memastikan seluruh proses bisnis dijalankan secara profesional dan lancar," katanya melalui Instagram @smindrawati, Senin (17/4/2023).

Sri Mulyani mengatakan DJBC kini banyak memberikan pelayanan kepabeanan secara elektronik. Misalnya penyampaian barang bawaan penumpang dan registrasi international mobile equipment identity (IMEI), dapat dilakukan melalui electronic customs declaration (e-CD).

PMK 203/2017 mengatur penumpang yang tiba di Indonesia melalui bandara internasional wajib menyampaikan barang bawaannya. Awalnya, customs declaration disampaikan melalui tulisan pada formulir yang dibagikan di dalam pesawat sesaat sebelum mendarat di Indonesia.

Kini, layanan e-CD akan memudahkan penumpang menyampaikan barang bawaannya secara online. Bagi pengguna layanan, penyampaian barang bawaan penumpang melalui e-CD lebih praktis, cepat, dan fleksibel karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui gawai bahkan sejak H-2 kedatangan.

Di sisi lain, layanan e-CD membuat proses pengawasan terhadap barang bawaan penumpang lebih efektif dan efisien.

Dalam kunjungannya tersebut, Sri Mulyani juga kesempatan untuk berbincang dengan beberapa penumpang, termasuk pekerja migran yang baru saja tiba di Indonesia dalam rangka Lebaran. Menurutnya, semua penumpang dari luar negeri memberikan testimoni telah dilayani dengan baik dan profesional oleh DJBC.

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus berbenah. Seluruh layanan ini merupakan perwujudan #UangKita. Mari jaga bersama!" ujarnya.

Pada pekan lalu, Sri Mulyani juga sempat mengecek kesiapan Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam menyambut lonjakan kedatangan penumpang dari luar negeri dalam rangka mudik Lebaran 2023. Peninjauan kesiapan arus mudik ini dilaksanakan pada seluruh aspek, mulai dari persiapan pelayanan bagasi penumpang, penjaluran penumpang menuju green dan red line, pemeriksaan barang melalui x-ray dan fisik bagasi, pelayanan registrasi dan pembayaran IMEI, hingga profiling penumpang. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.