TIPS PAJAK

Cara Kirim Bukti Potong PPh Hadiah Undian Lewat DJP Online

Redaksi DDTCNews | Senin, 23 Oktober 2023 | 15:30 WIB
Cara Kirim Bukti Potong PPh Hadiah Undian Lewat DJP Online

BUKTI pemotongan/pemungutan unifikasi adalah dokumen dalam format standar atau dokumen lain yang dipersamakan, yang dibuat oleh pemotong/pemungut Pajak Penghasilan (PPh) sebagai bukti atas pemotongan/pemungutan PPh dan menunjukkan besaran PPh yang telah dipotong/dipungut.

Pemotong/pemungut PPh wajib menyerahkan bukti pemotongan/pemungutan unifikasi kepada pihak yang dipotong dan/atau dipungut. Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan tata cara mengirimkan bukti pemotongan PPh hadiah undian ke pihak yang dipotong melalui DJP Online.

Mula-mula, silakan buka akun DJP Online melalui https://djponline.pajak.go.id/account/login. Lalu, masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kata sandi (password), dan kode keamanan (captcha). Setelah itu, tekan Login.

Baca Juga:
Rasio Audit WP Berkulit Hitam 4 Kali Lebih Besar, IRS Lakukan Ini

Pada menu utama, pilih menu Lapor. Kemudian, pilih Pra-Pelaporan dan tekan e-Bupot Unifikasi. Setelah itu, Anda akan melihat 4 menu utama, yaitu Dashboard, Pajak Penghasilan, SPT Masa, dan Pengaturan.

Setelah dilakukan perekaman dan penyetoran PPh atas bukti Potong PPh final pasal 4 ayat (2) berupa hadiah undian, bukti potong tersebut dapat dikirimkan kepada pihak yang dipotong dalam bentuk formulir kertas atau dokumen elektronik (softcopy).

Cara mengirimkan bukti potong kepada pihak yang dipotong dapat dilakukan melalui email dengan mengakses menu Pajak Penghasilan. Kemudian, tekan PPh Pasal 4 ayat (2), 15, 22, 23 dan pilih Daftar Bukti Potong Pasal 4(2), 15, 22, 23.

Baca Juga:
Coretax DJP: Edukasi, Pemeriksaan, hingga Penegakan Hukum Terintegrasi

Selanjutnya, tekan Rekam BP Ps 4(2), 15, 22, 23 dan pilih periode untuk penerbitan bukti potong yang akan dikirim melalui email. Setelah daftar bukti potong muncul, pilih bukti potong yang ingin Anda kirim ke pihak yang dipotong.

Pada kolom Aksi, terdapat 4 fitur yang bisa dipilih antara lain Lihat, Ubah, Hapus, dan Kirim Email. Tekan Kirim Email dan masukkan email yang akan dikirim. Jika sudah tekan Kirim. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 03 Mei 2024 | 12:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Rasio Audit WP Berkulit Hitam 4 Kali Lebih Besar, IRS Lakukan Ini

Jumat, 03 Mei 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Dekati Implementasi Penuh NPWP 16 Digit, Belum Ada Update e-Faktur

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Begini Penentuan Tempat Tinggal saat Pendaftaran NPWP Orang Pribadi

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:15 WIB LAYANAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Terima 6.637 Permohonan Keberatan Selama Kuartal 1/2024

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:00 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Begini Proyeksi OECD soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 dan 2025

Jumat, 03 Mei 2024 | 09:00 WIB TARIF BEA KELUAR CPO

Tarif Bea Keluar CPO Tetap US$52 per Ton pada Bulan Ini