KOTA BATAM

Bapenda Batam Kebut Pemasangan Alat Perekam Pajak di Hotel dan Resto

Muhamad Wildan
Sabtu, 28 September 2024 | 08.30 WIB
Bapenda Batam Kebut Pemasangan Alat Perekam Pajak di Hotel dan Resto

Ilustrasi.

BATAM, DDTCNews - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Batam, Kepulauan Riau mempercepat proses pemasangan tapping box di sejumlah hotel dan restoran pada tahun ini.

Sekretaris Bapenda Kota Batam M Aidil Sahalo mengatakan pihaknya telah melaksanakan pengadaan 400 tapping box menggunakan dana APBD.

"Sampai hari ini telah terpasang 241 alat dan masih terus berjalan," ujar Aidil, dikutip Sabtu (28/9/2024).

Selain melakukan pengadaan tapping box secara mandiri, Bapenda Kota Batam memperoleh CSR dari Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) berupa 513 tapping box baru.

Aidil mengatakan tapping box dari BRKS akan menggantikan tapping box lama di beberapa hotel dan restoran. Dari total 513 tapping box tersebut, sebanyak 141 tapping box di antaranya sudah dipasangkan di hotel dan restoran.

Menurut Aidil, tapping box mampu merekam transaksi usaha wajib pajak secara otomatis. Dengan alat ini, Bapenda Kota Batam dapat melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan pajak secara efektif.

Adanya tapping box ditargetkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajaknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pendapatan asli daerah (PAD) yang disokong oleh penerimaan pajak pada akhirnya akan digunakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.