SEWINDU DDTCNEWS
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Istana Kepresidenan Rampung Juli 2024, Jokowi Siap Berkantor di IKN

Muhamad Wildan
Minggu, 9 Juni 2024 | 12.30 WIB
Istana Kepresidenan Rampung Juli 2024, Jokowi Siap Berkantor di IKN

Presiden Joko Widodo bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (9/6/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU

JAKARTA, DDTCNews - Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan selesai pada pertengahan Juli 2024.

Berdasarkan catatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan Istana Kepresidenan di IKN dimulai sejak November 2022 dan progresnya saat ini mencapai 71,8%. Pembangunan istana tersebut menelan dana APBN senilai Rp1,56 triliun.

"Pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), dikutip pada Minggu (9/6/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN pada Juli 2024. Kebutuhan air di IKN akan dipasok oleh Bendungan Sepaku Semoi.

Bendungan Sepaku Semoi mampu menyediakan air baku untuk IKN sebanyak 2.000 liter per detik untuk IKN dan untuk Balikpapan sebanyak 500 liter per detik.

"Kemarin kita sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN," ujar Jokowi.

Setelah Istana Kepresidenan selesai dibangun, pemerintah juga akan bersiap melaksanakan upacara 17 Agustus di IKN.

"Untuk persiapan 17 Agustusan sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara semuanya sudah tidak ada masalah," kata Jokowi. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.