KABUPATEN GOWA

Bayar Pajak Kini Sudah Bisa Online

Redaksi DDTCNews | Selasa, 25 Juni 2019 | 17:37 WIB
Bayar Pajak Kini Sudah Bisa Online

SUNGGUMINASA, DDTCNews—Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggandeng PT Bank Sulselbar Cabang Gowa untuk menerapkan sistem pembayaran pajak daerah dan retribusi secara elektronik/online.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa Ismail Majid mengatakan kerja sama itu berlaku untuk sejumlah jenis pajak seperti pajak restoran dan pajak hotel. Untuk itu, pemkot telah melakukan sosialisasi kepada sekitar 50 pelaku usaha atau pengelola restoran di Gowa.

“Sebagai tahap awal, Jumat lalu kami melakukan sosialisasi Implementasi Mekanisme Pembayaran dan Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Secara Online di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa,” ujarnya, Selasa (25/6/2019)

Baca Juga:
Pajak Karaoke 40%, Ini Daftar Tarif Pajak Daerah Terbaru di Jambi

Ismail mengatakan sosialisasi itu dimaksudkan selain sebagai ajang silaturahim antara pemerintah daerah dan pengelola restoran, juga sebagai pertemuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan mekanisme pembayaran dan pemungutan pajak yang akan diterapkan saat ini.

“Dengan dilakukannya sistem pembayaran dan pemungutan pajak maupun retribusi secara online, maka sifatnya akan lebih transparan dan akuntabel. Bahkan langkah ini akan sangat mendorong peningkatan pendapatan daerah ke depan,” katanya.

Ia menyebutkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2019 Kabupaten Gowa, kontribusi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi daerah hanya sekitar 10,59% dari total belanja daerah Rp2 triliun.

Baca Juga:
Mendagri Tito Minta Gubernur Beri Insentif Pajak Bahan Bakar Kendaraan

Kondisi tersebut tentunya memberikan gambaran mengenai tingginya tingkat ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat. “Dengan kondisi ini, kami perlu dorong kemandirian keuangan daerah guna melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak,” sambungnya.

Untuk memaksimalkan pemberlakuan pembayaran dan pemungutan pajak serta retribusi daerah online ini, Bapenda akan mendapatkan dukungan dengan sarana pendukung pembayaran pajak restoran secara online berupa aplikasi MPOS.

Namun, pemberlakuan aplikasi tersebut masih harus melalui proses dan tahapan sesuai dengan prosedur. “Sosialisasi ini tahap awal, selanjutnya akan dipasangkan alatnya kepada seluruh pengelola restoran, termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,”katanya.

Baca Juga:
Mau Bayar Pajak Kendaraan? Samsat Buka Layanan di Tempat Ngabuburit

Kepala PT Bank Sulselbar Cabang Gowa Rini Takariyani mengungkapkan sebagai bank daerah, Bank Sulselbar terlibat dalam program pembayaran pajak online tersebut dengan menyiapkan aplikasi monitoring untuk seluruh wilayah kerja khususnya di Kabupaten Gowa.

Aplikasi itu, katanya seperti dilansir sulselsatu.com, dimaksudkan sebagai tata kelola transaksi pembayaran pajak daerah yang lebih transparan, dan memudahkan wajib pajak untuk membayar kewajibannya.

“Dengan dilakukannya sosialisasi ini dapat memberikan informasi dalam meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dan optimalisasi peningkatan pendapatan daerah pada sektor pajak dan retribusi daerah,” ujarnya. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

23 Oktober 2020 | 08:48 WIB

apakah pbb online ini punya aplikasi khusus di playstore?

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 19 Maret 2024 | 12:30 WIB KOTA YOGYAKARTA

Ringankan Beban WP, Pemkot Jogja Beri Pemutihan Denda dan Diskon PBB

Senin, 18 Maret 2024 | 15:00 WIB PROVINSI SUMATERA BARAT

Mau Bayar Pajak Kendaraan? Samsat Buka Layanan di Tempat Ngabuburit

BERITA PILIHAN
Selasa, 19 Maret 2024 | 16:25 WIB IZIN KUASA HUKUM

Ini Aturan Baru Permohonan IKH di Pengadilan Pajak Mulai 12 April 2024

Selasa, 19 Maret 2024 | 16:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Ingat! Pengguna Jasa Kepabeanan Bisa Kena Blokir Jika Tidak Lapor SPT

Selasa, 19 Maret 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Gagal Unduh Formulir e-Form Saat Lapor SPT Tahunan, Coba Cara Ini

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:39 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, Sri Mulyani Ikuti Fatsun Politik Pemerintahan Baru

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:17 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, DPR Sarankan Tunggu The Fed Turunkan Suku Bunga

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:09 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ditanya DPR soal Kenaikan Tarif PPN, Dirjen Pajak: Kami Sedang Kaji

Selasa, 19 Maret 2024 | 13:33 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Pajak atas Penyediaan Jaringan Listrik dan Air