KAMUS PAJAK

Apa Itu Unit Pelaksana Restitusi PPN Bandara?

Nora Galuh Candra Asmarani | Senin, 29 November 2021 | 17:04 WIB
Apa Itu Unit Pelaksana Restitusi PPN Bandara?

KEDATANGAN turis asing pada suatu negara, termasuk di Indonesia, dapat meningkatkan devisa serta perekonomian masyarakat. Seiring dengan makin banyaknya turis yang berkunjung, citra daerah wisata yang didatangi pun kian dikenal di mancanegara.

Tak jarang para turis akan membelanjakan uangnya untuk beragam hal, termasuk oleh-oleh. Barang-barang khas Nusantara ini umumnya tidak dikonsumsi di dalam negeri, tetapi dibawa kembali ke negara asal sebagai cendera mata atau buah tangan.

Hal tersebut tentu meningkatkan potensi keuntungan baik bagi negara maupun pengusaha. Untuk itu, pemerintah memberikan berbagai upaya untuk menarik turis asing berkunjung ke Indonesia serta mendorong peningkatan peran serta sektor usaha ritel.

Baca Juga:
DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Salah satunya dilakukan dengan memberikan fasiltias pengembalian PPN kepada turis asing atau VAT refund for tourist. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, turis harus mengajukan permintaan pengembalian PPN kepada Dirjen Pajak melalui UPRPPN Bandara. Lantas, apa itu UPRPPN Bandara?

Definisi
UPRPPN Bandara merupakan singkatan dari Unit Pelaksana Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Bandar Udara. Ketentuan mengenai UPRPPN di antaranya tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 120/2019 dan Surat Edaran Dirjen Pajak No.SE-27/PJ/2019.

Berdasarkan kedua beleid tersebut definisi dari UPRPPN Bandara adalah unit khusus dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP), yang lokasi kerjanya meliputi suatu tempat sebelum check in counter di bandar udara dan bertugas memproses permintaan pengembalian PPN bagi turis asing.

Baca Juga:
Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

KPP yang ditunjuk sebagai pengelola UPRPPN (KPP Pengelola) adalah KPP Pratama yang wilayah kerjanya meliputi bandar udara yang telah ditetapkan menteri keuangan sebagai tempat keberangkatan turis asing meninggalkan indonesia.

Kepala KPP Pengelola selanjutnya ditugaskan untuk menunjuk petugas UPRPPN Bandara dengan menerbitkan Keputusan Penunjukan Petugas UPRPPN Bandara. Petugas UPRPPN yang ditunjuk itu terdiri atas petugas Konter Pemeriksaan dan petugas Konter Pembayaran.

Konter Pemeriksaan adalah bagian dari UPRPPN Bandara yang bertugas memeriksa barang bawaan turis asing. Sementara itu, Konter Pembayaran adalah bagian dari UPRPPN Bandara yang bertugas mengembalikan PPN yang bernilai kurang dari atau sama dengan Rp5 juta yang telah dibayar oleh turis asing.

Baca Juga:
Lebih Potong Pajak karena TER, SPT Tahunan Pegawai Bakal Tetap Nihil

Perlu diingat, turis yang hendak mengajukan fasilitas ini harus memenuhi syarat yang ditetapkan di antaranya nilai PPN paling sedikit Rp500.000 dan pembelian barang bawaan dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan sebelum keberangkatan ke luar daerah pabean.

Simpulan
INTINYA, UPRPPN Bandara adalah unit khusus dari KPP, yang lokasi kerjanya meliputi suatu tempat sebelum check in counter di bandar udara dan bertugas memproses permintaan pengembalian PPN bagi turis asing.

Petugas UPRPPN ditunjuk Kepala KPP Pengelola. Petugas UPRPPN terdiri atas petugas Konter Pemeriksaan yang bertugas memeriksa barang bawaan dan petugas Konter Pembayaran yang bertugas mengembalikan PPN yang bernilai kurang dari atau sama dengan Rp5 juta yang telah dibayar oleh turis asing. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 15:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Rabu, 24 April 2024 | 15:15 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

Rabu, 24 April 2024 | 15:12 WIB PAJAK PENGHASILAN

Lebih Potong Pajak karena TER, SPT Tahunan Pegawai Bakal Tetap Nihil

Rabu, 24 April 2024 | 14:05 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Setelah THR, Pegawai Terima Bonus Siap-Siap Kena Pajak Lebih Tinggi

BERITA PILIHAN