ADMINISTRASI PAJAK

Ajukan Pindah Alamat NPWP? Perhatikan Masih KPP yang Sama atau Tidak

Redaksi DDTCNews | Sabtu, 04 November 2023 | 16:01 WIB
Ajukan Pindah Alamat NPWP? Perhatikan Masih KPP yang Sama atau Tidak

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Wajib pajak bisa mengajukan permohonan tempat wajib pajak terdaftar atau pindah alamat NPWP. Namun, perlu diperhatikan apakah alamat baru masih berada dalam satu KPP dengan alamat lama atau tidak.

Jika masih berada dalam satu KPP yang sama, permohonan perubahan data alamat bisa diajukan secara elektronik melalui telepon Kring Pajak 1500200 atau live chat di pajak.go.id.

"Jika alamat baru berada di wilayah kerja KPP lain, silakan ajukan pemindahan secara tertulis dengan datang langsung atau melalui pos atau jasa ekspedisi atau kurir dengan bukti pengiriman surat," tulis contact center Ditjen Pajak (DJP) menjawab pertanyaan netizen, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga:
Dekati Implementasi Penuh NPWP 16 Digit, Belum Ada Update e-Faktur

Dalam kondisi alamat baru berada di KPP yang berbeda dengan alamat lama, pengajuan perpindahan alamat NPWP bisa diajukan ke KPP lama atau KPP baru.

Untuk perubahan alamat yang sudah berbeda dari wilayah KPP terdaftar, wajib pajak dapat mengisi formulir https://pajak.go.id/id/formulir-pajak/formulir-pemindahan-wajib-pajak dilengkapi dengan dokumen pendukung.

Sesuai dengan ketentuan dalam PER-04/PJ/2020, dokumen pendukung yang dimaksud merupakan dokumen yang menunjukkan tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak pindah ke wilayah kerja KPP lain.

Baca Juga:
Begini Penentuan Tempat Tinggal saat Pendaftaran NPWP Orang Pribadi

Formulir beserta lampiran dapat disampaikan secara langsung ke KPP terdaftar yang lama atau KPP sesuai domisili sekarang. Jika tidak bisa datang secara langsung, wajib pajak dapat mengajukan permohonan dengan mengirimkannya melalui pos/jasa kurir/jasa ekspedisi.

Tambahan informasi, kepala KPP dapat melakukan pemindahan tempat wajib pajak terdaftar, dalam hal tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak pindah ke wilayah kerja KPP lain, berdasarkan permohonan wajib pajak atau secara jabatan. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN