KEPABEANAN

Wamenlu dan Pelaku Bisnis Estonia Temui DJBC, Ada Apa?

Redaksi DDTCNews | Jumat, 08 Maret 2019 | 10:08 WIB
Wamenlu dan Pelaku Bisnis Estonia Temui DJBC, Ada Apa?

Delegasi Estonia dan jajaran pejabat DJBC berfoto bersama setelah pertemuan. (foto: DJBC)

JAKARTA, DDTCNews – Delegasi Estonia mengadakan pertemuan dengan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) pada Rabu (6/3/2019). Mereka menjajaki beberapa bentuk kerja sama.

Delegasi yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Estonia Andres Rundu bersama pelaku bisnis memberikan pemaparan mengenai potensi kerja sama di sektor jasa pelayanan, baik dengan pemerintah maupun swasta.

Beberapa jasa pelayanan yang dipaparkan adalah Admiral Markets (perusahaan fintech untuk berinvestasi di komoditas IT dan pengembangan produk) dan GoSwift (perangkat digital yang dapat digunakan untuk manajemen titik lintas batas).

Baca Juga:
Sudah 3 Tahun Berjalan, Begini Evaluasi DJBC Soal Penyelenggaraan APHT

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi menyambut baik paparan dan penawaran kerja sama tersebut. Heru juga mengajak delegasi Estonia untuk membahas lebih lanjut mengenai koordinasi tersebut di pertemuan World Customs Organization (WCO) di Baku, Alzerbaijan pada Juni mendatang.

“Pertemuan ini diperlukan karena kedua negara dapat mengetahui berbagai potensi yang dapat dihasilkan dalam kerja sama ini. Hal tersebut juga dapat menguatkan koordinasi antara Indonesia dan Estonia,” kata Heru, seperti dikutip dari laman resmi DJBC, Jumat (8/3/2019).

Dalam pertemuan tersebut, ada sharing informasi terkait aspek-aspek yang bisa dan telah dilakukan. Dia mencontohkan untuk perusahaan IT, Estonia sudah memiliki otoritas yang mengelola Coordinative Border Management, termasuk sistem pengolahan data.

Indonesia sendiri, sambungnya, juga telah memiliki Coordinative Border Management seperti Indonesia National Single Window (INSW) dan Indonesia Single Risk Management (ISRM). Pertemuan tingkat tinggi ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan pada tataran teknis. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Sebut NLE Mulai Diterapkan di 6 Bandara, Begini Detailnya

Selasa, 26 Maret 2024 | 16:30 WIB BEA CUKAI MAKASSAR

Dapat Info Ada Peredaran Rokok Murah, Bea Cukai Sisir Warung Eceran

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:00 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Beli HP via e-Commerce Luar Negeri, IMEI Tanggung Jawab Jasa Ekspedisi

BERITA PILIHAN