UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (UTM)

Universitas Trunojoyo Madura Siap Cetak Akuntan Pajak yang Kompeten

Redaksi DDTCNews | Rabu, 29 November 2023 | 13:07 WIB
Universitas Trunojoyo Madura Siap Cetak Akuntan Pajak yang Kompeten

Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura di Bangkalan, Jawa Timur.

BANGKALAN, DDTCNews - Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berkomitmen untuk menghasilkan lulusan kompeten di bidang pajak. Diperbaruinya kesepakatan kerja sama (MoU) dengan DDTC pada hari ini, Rabu (29/11/2023), menegaskan komitmen UTM untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal dan siap kerja di sektor perpajakan nasional.

Prodi akuntansi di bawah FEB UTM didirikan pada 2001 melalui SK Pendirian No.3007/D/T2004 tertanggal 4 Agustus 2004. Di bawah didikan tenaga pengajar berkualitas, FEB UTM berupaya menghasilkan SDM yang menguasai bidang ilmu akuntansi keuangan dan perpajakan.

"Selain itu, kami juga menambahkan keahlian khusus di dua bidang minat konsentrasi yaitu akuntansi sektor publik dan akuntansi syariah," kata Rektor UTM Syafi' dikutip dari laman resmi perguruan tinggi.

Baca Juga:
Belum Ada Perkada Insentif Pajak Hiburan, Pemda Bisa Ambil Diskresi

Syafi' mengungkapkan salah satu indikator yang menunjukkan keberhasilan kampus dalam mencetak SDM unggul adalah keberadaan alumni yang tersebar di berbagai lokus institusi dan profesi. Dia meyakini alumni Prodi Akuntansi FEB UTM mampu berkompetisi di tengah serapan industri yang ketat.

Prodi Akuntansi FEB UTM sendiri telah mendapatkan peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) pada 2008 dan 2013. Kini, berbekal tenaga pengajar yang semakin kompeten, prodi akuntansi telah memiliki program diploma III (D-3) dan prodi magister (S-2) Akuntansi.

Menariknya, sejak 2017 lalu seluruh akademisi di Prodi Akuntansi FEB UTM telah memiliki gelar pendidikan Master (S-2). Selain itu, dari tujuh yang bergelar doktor, satu di antaranya telah mencapai posisi guru besar.

Baca Juga:
Siapkah Anda Mendapatkan Sertifikasi Pajak Global? Ikuti Persiapannya!

"Mayoritas tenaga akademis ini juga turut mewarnai perjalanan keprofesian akuntansi di tingkat regional dan nasional beberapa tahun terakhir," kata Syafi'.

Kiprah alumni Prodi Akuntansi FEB UTM juga mendapat pengakuan dan apresiasi dari bidang profesi yang ditekuni. Kualitas SDM yang terus meningkat ini diyakini menjadi modal penting untuk menaikkan pengelolaan Prodi Akuntansi FEB UTM.

"Di seluruh penjenjangan program studi yang diselenggarakan, selain mengembangkan keilmuan akuntansi secara umum pada tataran riset dan pengabdian masyarakat, kami juga mengangkat nilai-nilai dan potensi lokalitas Madura," kata Syafi'.

Baca Juga:
USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

UTM, ujarnya, secara lugas memiliki keberpihakan terhadap kearifan lokal di Madura. Pendekatan untuk riset pun diarahkan untuk mendayagunakan seluruh paradigma riset yang berkembang di ranah keilmuan akuntansi.

"Mulai dari positivis, interpretif, kritis, hingga religius spiritual kami berikan ruang lebar bagi anggota keluarga jurusan akuntansi untuk mengembangkannya," kata Syafi'.

Prodi Akuntansi FEB UTM juga telah memperbarui kerja sama pengembangan pendidikan pajak bersama DDTC. Melalui MoU ini, mahasiswa Prodi Akuntansi FEB UTM bisa melakukan magang di DDTC.

Tak cuma itu, DDTC juga memberikan pendampingan bagi pihak prodi untuk menyempurnakan kurikulum pendidikan pajak yang diberikan. Harapannya, lulusan Prodi Akuntansi FEB UTM nantinya benar-benar siap untuk terjun langsung di sektor pajak. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 16:55 WIB DDTC ACADEMY - ADIT EXAM PREPARATION COURSE

Siapkah Anda Mendapatkan Sertifikasi Pajak Global? Ikuti Persiapannya!

Jumat, 22 Maret 2024 | 21:32 WIB UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

Jumat, 22 Maret 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Kanwil DJP Jakarta Khusus Adakan Seminar Pajak untuk Atlet e-Sport

BERITA PILIHAN
Rabu, 01 Mei 2024 | 15:45 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Peringati Hardiknas, SMAN 8 Yogyakarta Gelar Webinar Gratis!

Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Kriteria-Perbedaan Barang Kiriman Hasil Perdagangan dan Nonperdagangan

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:33 WIB KURS PAJAK 01 MEI 2024 - 07 MEI 2024

Berjalan Sebulan Lebih, Kurs Pajak Berlanjut Melemah terhadap Dolar AS