PROFIL PERPAJAKAN RUMANIA

Negara Uni Eropa ini Terapkan Tarif Tunggal untuk PPh Orang Pribadi

Redaksi DDTCNews | Selasa, 22 Januari 2019 | 16:40 WIB
Negara Uni Eropa ini Terapkan Tarif Tunggal untuk PPh Orang Pribadi

NEGARA beribukota Bucharest ini berada di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Hungaria, Serbia, Bulgaria, Black Sea, Ukraina dan Moldova. Rumania memiliki budaya yang unik, tercipta dari letak geografis dan sejarahnya yang mulai terbentuk saat adanya pengaruh budaya Romawi dan Dacia.

Rumania adalah negara dengan potensi pasar yang sangat baik, berlokasi strategis, serta memiliki iklim bisnis yang solid. Perekonomian negara ini cukup kompetitif bila dibandingkan dengan negara-negara anggota Uni Eropa dan termasuk yang paling cepat berkembang.

Pertumbuhan ekonomi Rumania tercatat 2,8% dalam Produk Domestik Bruto (PDB) riil pada 2014. Kemudian selama 2015-2017, pertumbuhan ekonominya meningkat secara berangsur-angsur yakni di angka 3,9%, 4,6%, dan 6,9%. Tingginya capaian pada 2017 terutama didorong oleh konsumsi dan investasi. Pertumbuhan ini tercatat tertinggi sejak tahun 2008.

Baca Juga:
Negara Ini Punya Tarif PPh Badan Lebih Besar untuk Perusahaan Tambang

Sistem Perpajakan

Romania menganut sistem perpajakan worldwide income. Bagi wajib pajak dalam negeri (resident) yang dipajaki atas penghasilan global dari berbagai jenis penghasilan, serta perpajakan bagi wajib pajak luar negeri (non-resident) hanya dipajaki atas penghasilan dari Romania saja.

Secara umum, penghasilan wajib pajak badan dipajaki dengan tarif standar 16%, kecuali atas penghasilan yang dikecualikan (tax exemption). Sebuah perusahaan dianggap sebagai resident jika didirikan berdasarkan aturan Rumania atau memiliki kedudukan hukum atau tempat manajemen yang efektif di Rumania.

Baca Juga:
Pajak Lebih Tinggi Jika Domisili Pemegang Saham di Negara Tax Haven

Kemudian, perusahaan non-resident yang melakukan kegiatan di Rumania melalui bentuk usaha tetap (BUT) diharuskan membayar pajak penghasilan (PPh) badan atas laba kena pajak.

Adapun, untuk PPh pribadi diterapkan tarif tunggal sebesar 10%, yang sebelumnya telah diturunkan darri 16% pada 2017. Pemerintah Rumania menetapkan pengecualian PPh yang diterima karyawan tertentu, yaitu spesialis teknologi dan informasi, karyawan disabilitas dan karyawan di bidang penelitian dan pengembangan (R&D) maupun pengembangan teknologi.

Tarif pajak pertambahan nilai (PPN) standar berlaku 19%. Tarif lebih rendah berlaku untuk industri makanan & minuman, perawatan medis dan prostesis, akomodasi dan lainnya sebesar 9% dan tarif 5% untuk perumahan sosial dalam kondisi tertentu, buku sekolah, koran, majalah, biaya masuk ke kastil, museum, acara olahraga, bioskop dan sejenisnya.

Baca Juga:
Penghasilan Jasa Profesional Independen di Negara Ini Kena PPh Badan

Untuk withholding tax, dividen yang diterima oleh resident Rumania dikenakan tarif umum sebesar 5%. Namun, dividen yang dibayarkan tidak kena pajak jika penerima dividen telah memegang modal minimal 10% dari perusahaan Rumania untuk periode yang tidak terputus setidaknya selama satu tahun.

Dividen yang dibayarkan kepada non-resident juga dikenakan 5%. Meningat Rumania adalah negara anggota Uni Eropa, ketentuan EU Parent-Subsidiary berlaku, sehingga dividen yang dibayarkan perusahaan Rumania kepada perusahaan di salah satu negara anggota Uni Eropa lain dikecualikan dari pajak dividen, dengan syarat kepemilikan saham minimal 10% dalam periode minimal satu tahun.

Royalti dan bunga yang dibayarkan kepada perusahaan non-resident dikenakan witholding tax sebesar 16%. Berlakunya kebijakan EU Interest and Royalties membuat royalti yang dibayarkan oleh perusahaan Rumania kepada perusahaan yang tinggal di salah satu negara anggota UE dikecualikan dari pengenaan pajak.

Baca Juga:
Terapkan Pajak Kasino, Negara Ini Tidak Punya Pajak Penghasilan

Ketentuan transfer pricing Rumania banyak mengacu pada OECD Guidelines, meskipun terdapat sedikit deviasi terkait penerapan metode transfer pricing. Rumania juga telah miliki ketentuan mengenai thin capitalization dan controlled foreign companies (CFC).

Negara ini telah menandatangani perjanjian penghindaran pajak berganda (tax treaty) dengan 85 negara. Selain itu, Rumania jugamenandatangani instrumen multilateral The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 7 Juni 2017.*

Uraian Keterangan
Sistem Pemerintahan Republik Semi Presidensial
PDB Nominal US$211,8 miliar (2017)
Pertumbuhan Ekonomi 6,9% (2017)
Populasi 19,58 juta (2018)
Otoritas Pajak National Agency for Fiscal Administration (Agentia Nationala de Administrare Fiscala/ANAF)
Sistem Perpajakan Self assessment
Tarif PPh Badan 16%
Tarif PPh Orang Pribadi 10%
Tarif PPN/VAT 19%
Tarif Pajak Dividen 0%/5%
Tarif Pajak Royalti 0%/16%
Tarif Pajak Bunga 0%/16%
Tax Treaty 85 negara (2017)

*Dari berbagai sumber.


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 25 Januari 2024 | 15:41 WIB PROFIL PERPAJAKAN NAMIBIA

Negara Ini Punya Tarif PPh Badan Lebih Besar untuk Perusahaan Tambang

Jumat, 13 Oktober 2023 | 15:45 WIB PROFIL PERPAJAKAN EKUADOR

Pajak Lebih Tinggi Jika Domisili Pemegang Saham di Negara Tax Haven

Selasa, 19 September 2023 | 17:05 WIB PROFIL PERPAJAKAN BOLIVIA

Penghasilan Jasa Profesional Independen di Negara Ini Kena PPh Badan

BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN MONETER

Parkir DHE SDA di Dalam Negeri, Kepatuhan Eksportir sudah 93-95 Persen

Kamis, 25 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya

Kamis, 25 April 2024 | 10:00 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Tak Setor PPN Rp605 Juta, Direktur CV Diserahkan ke Kejaksaan

Kamis, 25 April 2024 | 09:30 WIB PROVINSI BENGKULU

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemprov Bengkulu Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Kamis, 25 April 2024 | 09:12 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan

Kamis, 25 April 2024 | 08:45 WIB BERITA PAJAK HARI INI

WP Grup Bakal Digabung dalam 1 KPP, Ini Kata Dirjen Pajak

Rabu, 24 April 2024 | 18:50 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Koperasi Simpan Pinjam Modal Rp5 Miliar, Lapkeu Wajib Diaudit AP

Rabu, 24 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Perhotelan di UU HKPD?