UNI EROPA

Lima Negara Eropa ini Terapkan Pajak Kekayaan, Seperti Apa?

Redaksi DDTCNews | Jumat, 18 Desember 2020 | 10:53 WIB
Lima Negara Eropa ini Terapkan Pajak Kekayaan, Seperti Apa?

Ilustrasi. (DDTCNews)

WASHINGTON DC, DDTCNews – Tax Foundation mengungkapkan tidak banyak negara yang telah menerapkan pajak atas kekayaan. Untuk ukuran negara Eropa saja jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Laporan Tax Foundation menyebutkan hanya lima negara di kawasan Eropa yang memiliki regulasi pajak atas kekayaan. Kelima negara Eropa tersebut antara lain Norwegia, Spanyol, Swiss, Prancis, dan Italia.

Penerapan pajak atas kekayaan di Benua Biru terbagi dalam dua rezim yaitu pajak atas kekayaan bersih setelah dikurangi beban utang dan pajak kekayaan atas aset tertentu.

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

"Hanya 3 negara Eropa yang menerapkan pungutan pajak atas kekayaan bersih [neto] yaitu Norwegia, Spanyol dan Swiss. Prancis dan Italia memungut pajak kekayaan atas aset tertentu," tulis laporan Tax Foundation, dikutip Jumat (18/12/2020).

Norwegia memungut pajak kekayaan neto dengan tarif 0,85% dan hasil penerimaan dibagi antara pemerintah pusat dan daerah. Pungutan ini berlaku untuk kekayaan individu yang memiliki nilai kekayaan lebih dari US$170.000 atau setara Rp2,4 miliar.

Pajak kekayaan di Norwegia diperkenalkan mulai 1892. Tahun ini, pemerintah membuat kebijakan khusus bagi WP yang rutin dipungut pajak kekayaan dan mengalami kerugian bisnis akibat pandemi Covid-19 diberikan penangguhan membayar pajak kekayaan selama satu tahun.

Baca Juga:
Mulai 2025! Biaya Olahraga di Negara Ini Bisa Jadi Pengurang Pajak

Selanjutnya, Spanyol memberlakukan pajak kekayaan dengan tarif progresif 0,2%—3,75% untuk nilai kekayaan di atas US$784.000 atau Rp11 miliar. Pemerintah pusat memberikan kewenangan yang luas bagi daerah otonom dalam menetapkan tarif pajak kekayaan beserta insentifnya.

Otoritas menetapkan pajak kekayaan bagi WPDN Spanyol berdasarkan seluruh aset yang dimiliki di dalam dan luar negeri. Lalu, WPLN Spanyol dikenakan pajak kekayaan atas aset yang berlokasi di yurisdiksi Spanyol dan memenuhi kriteria pemungutan pajak kekayaan.

Untuk Swiss, pajak kekayaan sudah berlaku sejak 1840. Pemerintah memungut pajak kekayaan neto atas seluruh aset yang dimiliki warga Swiss di dalam dan luar negeri. Pungutan pajak kekayaan hanya dikecualikan atas aset properti dan perusahaan milik WPDN Swiss yang berlokasi di luar negeri.

Baca Juga:
Belanja Militer Ditambah, Israel Bakal Naikkan Tarif Pajak

Prancis menghapus pajak kekayaan bersih pada 2018 dan beralih dengan pajak kekayaan berdasarkan nilai aset properti atau real estate. WPDN Prancis yang memiliki aset properti di seluruh dunia yang nilainya lebih dari US$1,5 juta akan dikenai pajak yang tarifnya mencapai 1,5%.

Sementara itu, WPLN akan dikenakan pungutan yang sama jika memiliki real estate yang nilainya lebih dari US$1,5 juta di teritori Prancis.

Italia juga memungut pajak kekayaan atas aset keuangan dan properti. Pemerintah menetapkan tarif 0,2% untuk kepemilikan aset keuangan bagi WPDN Italia yang ada di dalam negeri dan luar negeri. Pajak kekayaan atas aset properti ini dikenakan dengan tarif sebesar 0,76%. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak