AGENDA PAJAK

TERC FEB UI & DDTC Fiscal Research Gelar Free Webinar Internasional

Redaksi DDTCNews
Sabtu, 22 Agustus 2020 | 09.15 WIB
TERC FEB UI & DDTC Fiscal Research Gelar Free Webinar Internasional

JAKARTA, DDTCNews – TERC LPEM FEB UI berkolaborasi dengan DDTC Fiscal Research akan menggelar webinar internasional mengenai reformasi administrasi pajak.

Webinar internasional bertajuk “Indonesia Tax Administration Reform: Lessons Learnt and Future Direction” akan diselenggarakan pada Rabu, 26 Agustus 2020, pukul 09.00-12.00 WIB. Acara akan diselenggarakan melalui platform Zoom.

Dalam webinar ini akan dibahas mengenai studi banding berbagai negara terkait dengan reformasi administrasi pajak. Adapun studi banding akan mengambil pengalaman dari Selandia Baru, Australia, dan Indonesia.

Bagaimanapun reformasi administrasi pajak, terutama di negara berkembang, dapat memperkuat dan memengaruhi efektivitas reformasi kebijakan pajak terkait. Sistem administrasi pajak yang efektif akan berdampak positif pada implementasi kebijakan pajak.

Sementara itu, administrasi yang kompleks akan membuat implementasi kebijakan pajak kurang optimal. Kondisi ini pada gilirannya akan membuat beban administrasi yang lebih tinggi dan berisiko meningkatkan biaya kepatuhan.

Selain itu, efektivitas administrasi pajak juga terkait dengan perubahan lanskap ekonomi, karakteristik wajib pajak, kelembagaan, dan penegakan hukum. 

Sejak 2001, reformasi administrasi pajak difokuskan pada pengembangan organisasi, sumber daya manusia, proses bisnis, teknologi informasi, dan revisi peraturan pajak.

Untuk membahas topik tersebut secara komprehensif, akan hadir perwakilan akademisi, pemerintah, dan praktisi pajak. Webinar akan dibuka dengan sambutan dari Dekan FEB UI Beta Yulianita Gitaharie dan Managing Partner DDTC Darussalam. Kemudian, Dirjen Pajak Suryo Utomo akan hadir memberikan pidato kunci.

Adapun pembicara dalam webinar ini adalah peneliti pajak dari University of Canterbury Selandia Baru Adrian Sawyer, Senior Partner DDTC Danny Septriadi, dan Staf Ahli Menkeu Bidang Kepatuhan Pajak Yon Arsal. Koordinator TERC FEB UI Christine Tjen akan hadir sebagai moderator.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti webinar internasional ini? Keikutsertaan dalam webinar ini tidak dipungut biaya. Registrasi dapat dilakukan melalui tautan http://bit.ly/webinar260820. Panitia akan menyediakan e-certificate (3 SKP IAI).

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menyampaikan pesan melalui surat elektronik (surel) [email protected]. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
user-comment-photo-profile
donal sitompul
baru saja
Semangat dalam terus memperbaiki dan mengembangkan sistem perpajakan Indonesia akan membawa dampak yang baik dan positif baik bagi para pelaku ekonomi, masyarakat dan juga fiskus. Semoga terus berkembang dan meningkat ke depan nya