REALISASI INVESTASI

Ini Sebab BKPM Optimistis Realisasi Investasi Kuartal III/2020 Membaik

Redaksi DDTCNews | Jumat, 09 Oktober 2020 | 15:44 WIB
Ini Sebab BKPM Optimistis Realisasi Investasi Kuartal III/2020 Membaik

Ilustrasi. Petugas melayani pengurusan perizinan usaha di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di Gedung BKPM, Jakarta, Selasa (7/7/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

JAKARTA, DDTCNews – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masih optimistis laju realisasi investasi pada kuartal III/2020 akan lebih baik dari kinerja kuartal II/2020 meski dihantui tekanan pandemi Corona.

Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Imam Soejoedi mengatakan keyakinan realisasi investasi mulai membaik pada kuartal III/2020 didorong dengan berbagai upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Realisasi investasi kuartal II/2020 memang terkontraksi 4,3% dari periode yang sama tahun lalu. Namun kami yakin nilai tersebut akan naik karena ekonomi kita sudah berjalan kembali, meski belum sepenuhnya normal," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga:
PP Soal Perwilayahan Industri Terbit, Ada Ketentuan Insentif Pajaknya

Imam menyebutkan realisasi investasi pada kuartal III/2020 akan menjadi gambaran awal dinamika ekonomi nasional pada masa pandemi. Pasalnya, pemerintah pada kuartal ini mulai meluncurkan berbagai kebijakan baru untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi.

BKPM, lanjutnya, juga mulai mengadopsi strategi baru pada kuartal III/2020 untuk menjaga iklim investasi pada masa pandemi. Beberapa langkah sudah ditempuh seperti mengawal potensi investasi perusahaan yang sudah terdaftar di BKPM yang belum tereksekusi.

“Kemudian mendatangkan investasi baru, dan memberikan insentif bagi perusahaan yang melakukan ekspansi,” tutur Imam.

Baca Juga:
Pacu Ekonomi, Wamenkeu Harap PPN Rumah DTP Makin Banyak Dimanfaatkan

Dia menambahkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) edisi kuartal III/2020 ini akan menjadi sangat penting karena tidak hanya untuk melihat potret nilai kemajuan realisasi investasi perusahaan dan penyerapan tenaga kerja saja.

Menurutnya, penyampaian laporan tersebut juga menjadi wadah bagi pengusaha yang ingin menjelaskan permasalahan atau kendala yang dihadapi ketika melaksanakan proyeknya di lapangan.

Untuk itu, Imam mengimbau investor untuk turut serta dalam penyampaian LKPM kuartal III (Juli—September) 2020 yang dilakukan secara daring melalui laman lkpmonline.bkpm.go.id atau oss.go.id, dengan periode pelaporan 1—10 Oktober 2020.

Baca Juga:
Pusat Bayar Gaji Karyawan Cabang, Siapa yang Potong PPh Pasal 21-nya?

Untuk diingat, apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan investor belum juga memenuhi kewajibannya, BKPM akan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin yang telah diberikan.

"BKPM optimistis target realisasi investasi tahun ini sebesar Rp817,2 triliun dapat tercapai. BKPM terus komitmen melakukan pengawalan investasi, mulai dari proses perizinan sampai dengan produksi komersial perusahaan," ujarnya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:00 WIB KABUPATEN BONDOWOSO

Pemkab Tetapkan Tarif PBB Bervariasi Tergantung Jenis Objek dan NJOP

Jumat, 10 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kondisi Apa yang Bikin Status PKP Dicabut secara Jabatan oleh DJP?

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Batasan Nilai Transaksi yang Dipotong PPN oleh BUMN dan Pemerintah

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?

Jumat, 10 Mei 2024 | 11:30 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Peraturan Baru Menteri Keuangan Soal Rush Handling, Download di Sini!

Jumat, 10 Mei 2024 | 10:00 WIB PROVINSI SULAWESI SELATAN

Sudah Berlaku! Simak Daftar Tarif Terkini Pajak di Sulawesi Selatan