UNIVERSITAS INDONESIA

Ini 4 Wejangan Sri Mulyani untuk Mahasiswa Baru

Redaksi DDTCNews | Senin, 20 Agustus 2018 | 12:33 WIB
Ini 4 Wejangan Sri Mulyani untuk Mahasiswa Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama mahasiswa FEB Universitas Indonesia. (DDTCNews - Instagram Sri Mulyani)

DEPOK, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan wejangan kepada mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia tahun ajaran 2018/2019.

Setidaknya, ada 4 poin yang disampaikan oleh mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini saat menjadi pembicaratalkshow bertajuk ‘Kenali Diri, Lampaui Ekspektasi’ di Auditorium FEB Universitas Indonesia (UI). Pertama, mensyukuri pencapaian saat ini.

“Berada di sini, maka Anda top of the top. Maka dari itu, syukuri apa yang Anda capai hari ini. Ini langkah bagus,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenkeu pada Senin (20/8/2018).

Baca Juga:
Bertemu S&P, Sri Mulyani Sebut Konsolidasi Fiskal RI Cepat dan Kuat

Kedua, menjadikan wadah kampus sebagai sarana dalam membentuk intelektualitas dan kepribadian. Menurutnya, proses kuliah merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi lebih dewasa, baik pada segi intelektual maupun sisi kemanusiaan.

Perkuliahan merupakan tempat mahasiswa – dianalogikan sebagai sebuah mesin – yang akan disetel ulang menjadi baru menggunakan program yang baik. Layaknya mesin yang disetel ulang, menurut Sri Mulyani, ada banyak contoh baik di kampus.

Ketiga, mencari ketertarikan dalam bidang keilmuan dengan melihat passion. Hal ini dinilai menjadi modal bagi para mahasiswa baru agar ahli dalam bidang tertentu. Bila tertarik terkait ekonomi, sambungnya, mahasiswa baru harus sering mencari tahu isu tentang ekonomi.

Baca Juga:
Pasar Keuangan Tak Stabil, Penarikan Utang APBN Masih Minim

Keempat, mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kemajuan teknologi dan tantangan pekerjaan di masa depan. Pasalnya, banyak pekerjaan akan tergantikan oleh robot atau artificial of intelligence.

Mahasiswa, menurut Sri Mulyani, harus mampu menggali berbagai potensi bidang yang sulit digantikan oleh robot. Beberapa diantaranya mencakup sisi kemanusiaan.

“Hal yang tidak bisa digantikan oleh artificial intelligence atau robot adalah yang berhubungan dengan emotion,passion yang berhubungan dengan human dan humanity,” imbuhnya. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 10:37 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Bertemu S&P, Sri Mulyani Sebut Konsolidasi Fiskal RI Cepat dan Kuat

Selasa, 26 Maret 2024 | 12:15 WIB KINERJA FISKAL

Pasar Keuangan Tak Stabil, Penarikan Utang APBN Masih Minim

Senin, 25 Maret 2024 | 16:00 WIB PENERIMAAN PAJAK

Turun 27 Persen, Setoran Pajak dari Sektor Tambang Hanya Rp 19 Triliun

Senin, 25 Maret 2024 | 14:00 WIB PENERIMAAN PAJAK

Penerimaan Pajak dari PPN Dalam Negeri Turun 26 Persen, Ada Apa?

BERITA PILIHAN