KANWIL DJP SUMUT I - PERTAPSI

Gencarkan Sosialisasi Pemadanan NIK-NPWP, Kantor Pajak Masuk Kampus

Redaksi DDTCNews | Jumat, 17 November 2023 | 11:21 WIB
Gencarkan Sosialisasi Pemadanan NIK-NPWP, Kantor Pajak Masuk Kampus

Pojok Pajak yang dirikan di USM Indonesia, Medan.

MEDAN, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP), melalui unit vertikalnya, terus berupaya menggencarkan sosialisasi pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal ini sejalan dengan makin mepetnya, batas waktu pemadananan NIK-NPWP pada akhir tahun ini.

Sosialisasi yang dilakukan otoritas menyasar berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. Yang terbaru, misalnya, KPP Pratama Medan Petisah memberikan pendampingan validasi NIK-NPWP di Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM) Medan melalui pendirian Pojok Pajak. Kegiatan ini difasilitasi oleh Perkumpulan Tax Center dan Akademisi Pajak Seluruh Indonesia (PERTAPSI).

"Kami berterima kasih atas kesediaan USM Indonesia memfasilitas sosialisasi ini. Dibukanya Pojok Pajak di sini semoga memberikan manfaatkan maksimal bagi civitas academica dalam memadankan NIK-NPWP," kata Kasi Pelayanan KPP Pratama Medan Petisah Nuryadi, dikutip pada Jumat (17/11/2023).

Baca Juga:
Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Bagi otoritas pajak, kata Nuryadi, perguruan tinggi khususnya USM Indonesia merupakan mitra strategis untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Hadirnya Pojok Pajak di USM Indonesia, ujar Nuryadi, sekaligus merupakan komitmen pemerintah dalam mempermudah masyarakat khususnya warga kampus untuk menjalankan kewajiban pajaknya secara baik, lengkap, dan benar. Salah satu kewajiban itu adalah pemadanan NIK sebagai NPWP yang merupakan amanat dari UU 7/2021 tentang HPP.

Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba berharap fasilitas pendampingan yang diberikan oleh KPP Pratama Medan Petisah bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh civitas academica. Apalagi, jangka waktu pemadanan NIK-NPWP makin mepet, yakni berakhir pada 31 Desember 2023.

Baca Juga:
Ada NITKU, NPWP Cabang Tidak Berlaku Lagi?

"Pemadanan ini menjadi penting karena pada 1 Januari 2024 NIK sepenuhnya dimanfaatkan sebagai NPWP dan bagi masyarakat yang belum melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP akan kesulitan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya," kata Perlindungan.

Sementara itu, Rektor USM Indonesia Ivan Elisabeth Purba berharap Korwil PERTAPSI Sumut I dan Tax Center Universitas Sumatera Utara (USU) bisa membantu USM Indonesia dalam membuka tax center-nya sendiri. Menurutnya, USM Indonesia perlu memiliki tax center sendiri guna memfasilitasi mahasiswa dan pengajar untuk mendalami ilmu pajak.

Merespons permintaan USM Indonesia, Pengurus DPP PERTAPSI Indra Efendi Rangkuti memberikan komitmennya untuk membantu pendirian tax center di kampus USM Indonesia. Dia berharap kehadiran tax center di USM Indonesia bisa menjadi penghubung antara pihak kampus dan Kanwil DJP Sumut I dalam kerja sama pendidikan ke depannya.

Baca Juga:
Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

"Juga sebgaai wadah pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi di bidang perpajakan dengan melibatkan peran aktif dari dosen dan mahasiswa," kata Indra. (sap)

Sebagai informais, Pojok Pajak yang dibuka di USM Indonesia tidak hanya melayani pendampingan validasi NIK-NPWP, tetapi juga pelayanan administrasi perpajakan lain seperti pengurusan EFIN, pengisian SPT PPh orang pribadi secara elektronik, hingga konsultasi perpajakan lainnya. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Jumat, 26 April 2024 | 11:47 WIB KONSULTASI PAJAK

Ada NITKU, NPWP Cabang Tidak Berlaku Lagi?

Jumat, 26 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Sertel ke KPP Hanya Bisa oleh Pengurus Badan, Siapa Saja?

Jumat, 26 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD