PENGAMPUNAN PAJAK

Dalam 3 Bulan, Tax Amnesty Tuai Capaian Positif

Awwaliatul Mukarromah
Selasa, 11 Oktober 2016 | 08.02 WIB
Dalam 3 Bulan, Tax Amnesty Tuai Capaian Positif

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto dalam Forum Silaturahmi Sekretaris Jenderal Kementerian/Lembaga, Jakarta pada Jumat (7/10). (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA, DDTCNews – Sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2016, program tax amnesty telah menunjukkan berbagai capaian positif. Hal ini dapat dilihat dari capaian dan respons positif dari masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan selain meningkatkan reliabilitas database wajib pajak, program ini ternyata juga telah membuktikan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Dengan program tax amnesty, banyak yang ikut declare. Banyak yang membantu meningkatkan reliability database, sehingga perencanaan penganggaran kita lebih kredibel,” jelasnya sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Senin (10/10).

Melalui program ini, tambah Hadiyanto, pemerintah berharap roda perekonomian nasional dapat berputar dengan lebih baik. Terlebih, hingga saat ini, deklarasi harta yang telah dilakukan oleh peserta tax amnesty telah mencapai hampir Rp4.000 triliun.

Hadiyanto berharap aset tersebut dapat dikelola dalam berbagai instrumen investasi yang baik, yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Selain itu, melalui program ini, pemerintah juga memperoleh tambahan pemasukan dari uang tebusan. Dengan demikian, berbagai program pemerintah yang selama ini tertunda karena keterbatasan dana dapat segera direalisasikan.
 
“Mudah-mudahan dengan tax amnesty, penerimaan dapat meningkat, tidak ada lagi pemotongan atau penundaan (anggaran) atau self blocking,” pungkasnya. (Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.