APBN 2021

Realisasi Sudah 57%, Airlangga Klaim Penyaluran KUR Telah Pulih

Dian Kurniati
Senin, 26 Juli 2021 | 14.49 WIB
Realisasi Sudah 57%, Airlangga Klaim Penyaluran KUR Telah Pulih

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat konferensi video, Senin (26/7/2021).

JAKARTA, DDTCNews - Pemerintah mencatat realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sampai dengan 25 Juni 2021 telah mencapai Rp143,14 triliun atau sekitar 57% dari target yang ditetapkan tahun ini sejumlah Rp253 triliun.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyaluran KUR terus meningkat seiring dengan membaiknya perekonomian masyarakat. Menurutnya, penyaluran KUR saat ini juga sudah seperti situasi normal atau sebelum pandemi Covid-19.

"Penyaluran KUR sudah mendekati periode normal pra-Covid, di mana pra-Covid sekitar Rp20 triliun dan ini sudah tersalurkan kira-kira mencapai Rp21,84 triliun," katanya melalui konferensi video, Senin (26/7/2021).

Airlangga menjelaskan peningkatan penyaluran KUR salah satunya disebabkan pemberian tambahan subsidi suku bunga 3%. Pemerintah memberikan tambahan subsidi itu untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Misal, penyaluran KUR pada sektor sektor pertanian tercatat naik 29,8% menjadi Rp42,7 triliun. Kenaikan tersebut didorong adanya penyaluran KUR secara klaster seperti KUR klaster padi dan KUR klaster jagung sehingga penyerapannya makin cepat.

Menko juga menambahkan penyaluran KUR dilakukan tanpa agunan dan nilai kredit dinaikkan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta. Di sisi lain, lembaga-lembaga penyalur, terutama pada KUR khusus akan terus diintegrasikan.

"Presiden meminta dipermudah dan tidak ada regulasi yang menghambat KUR," ujar Airlangga.

Dia menuturkan penerima KUR juga bisa mendapatkan kredit lain secara bersamaan. Misal, penerima KUR dapat memiliki kredit kepemilikan rumah (KPR) atau leasing kendaraan bermotor untuk tujuan produktif. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.