EFEK VIRUS CORONA

DJBC: 55% Impor Barang Penanganan Covid-19 dari China

Redaksi DDTCNews
Rabu, 20 Mei 2020 | 16.20 WIB
DJBC: 55% Impor Barang Penanganan Covid-19 dari China

Ilustrasi. Petugas kesehatan beraktivitas di ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR) laboratorium biomolekuler Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Laboratorium biomolekuler PCR tersebut berfungsi untuk melakukan uji laboratorium virus corona atau Covid-19 melalui metode tes swab dengan kapasitas 500 tes perhari. ANTARA FOTO/Moch Asim/hp.
 

JAKARTA, DDTCNews – Ditjen Bea Cukai (DJBC) mencatat kegiatan impor barang dalam rangka penanggulangan Covid-19 mencapai Rp1,1 triliun pada awal Mei 2020.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea Cukai (DJBC) Syarif Hidayat mengatakan barang untuk penanggulangan Covid-19 memang sebagian besar berasal dari luar negeri. Hal ini terlihat dari data otoritas kepabeanan.

“Ditjen Bea Cukai ikut berperan dalam membantu penyelesaian Covid-19 berupa percepatan penyelesaian dokumen impor karena hampir semua barang kebutuhan dalam penanggulangan Covid-19 berasal dari luar negeri," katanya, Rabu (20/5/2020).

Syarif menyebutkan total nilai impor barang untuk penanggulangan Covid-19 yang senilai Rp1,1 triliun tersebut merupakan data yang dihimpun DJBC hingga 3 Mei 2020. Sebagian besar impor tersebut masuk melalui jalur udara.

Kantor Pelayanan Utama (KPU) Ditjen Bea Cukai Soekarno-Hatta paling banyak menerima impor barang penanggulangan Covid-19 yang porsinya mencapai 57%. Pintu masuk impor selanjutnya berasal dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Bogor sebesar 17,6%, KPPBC Bandung sebesar 9,2%, dan KPU Pelabuhan Tanjung Priok sebesar 8%.

Setidaknya terdapat lima komoditas utama yang diimpor untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Pertama, masker sebanyak 48 juta. Kedua, test kit Covid-19 sebanyak 3,4 juta. Ketiga, alat perlindungan diri (APD) sebanyak 5,1 juta. Keempat, obat-obatan sebanyak 391.346. Kelima, peralatan rumah sakit sebanyak 2,1 juta.

Sebagian impor barang tersebut berasal dari China dengan kontribusi sebesar 55% dari total impor barang penanggulangan Covid-19. Selanjutnya, sebesar 30% yang merupakan impor bahan baku yang kemudian diolah oleh pelaku usaha di Kawasan Berikat. Kemudian, impor barang dari Hong Kong dengan kontribusi sebesar 6,2%.

"Jadi dalam penanggulangan Covid-19, impor paling besar datang dari udara dan sebagian besar dari China. Total impor barang tersebut gabungan baik impor dengan skema insentif dan nonfasilitas kepabeanan," imbuhnya. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.