KABUPATEN MINAHASA

Target PAD 2018 Naik 15%, Begini Perinciannya

Redaksi DDTCNews
Kamis, 18 Januari 2018 | 09.05 WIB
Target PAD 2018 Naik 15%, Begini Perinciannya

TONDANO, DDTCNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa meningkatkan target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2018 hingga menjadi Rp33,4 miliar dibanding target tahun 2017 sebesar Rp29 miliar. Hal itu dipicu oleh melonjaknya kepatuhan masyarakat dalam melakukan kewajibannya.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Minahasa Jan Luntungan mengatakan peningkatan target sebesar 15% atau Rp4,4 miliar tersebut tidak menyusutkan optimisme Pemkab Minahasa.

“Kami akan tetap berupaya menggenjot PAD tahun 2018 agar bisa mencapai targetnya, meski masih ada sektor yang berkontribusi minimal seperti PBB-P2. Maka kami akan berupaya lebih maksimal untuk meningkatkan penerimaannya,” katanya, Selasa (16/1).

Luntungan memaparkan sektor yang bisa dioptimalkan penerimaannya meliputi pajak perhotelan, pajak restoran, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Pemkab Minahasa menaruh harapan besar atas kontribusi sektor tersebut karena dianggap menjadi motor utama pemasukan daerah.

Adapun, Kabid Penagihan BPPRD Kabupaten Minahasa Evert Kountul mengakui akan semakin mengoptimalkan penerimaan dari sektor yang potensial. Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh Evert seperti optimalisasi penerimaan daerah dari peningkatan Wisatawan Mancanegara (Wisman).

“Penerimaan daerah bisa semakin ditingkatkan karena kunjungan Wisman ke Sulawesi Utara yang akan meningkat pada tahun ini. Bahkan usaha bisnis kuliner dan properti juga tengah bertumbuh subur,” tuturnya seperti dilansir manadopostonline.com.

Di samping itu, Kepala Bidang PBB-P2 dan BPHTB Kabupaten Minahasa D.L. Sambuaga menyatakan realisasi PBB-P2 belakangan ini secara bertahap menunjukkan tren yang positif. Perbaikan itu disebabkan karena adanya penyuluhan ke desa dan kecamatan, sehingga mendorong antusiasme warga untuk patuh setor pajak.

“Ada timbal balik antara Pemkab dengan masyarakat, seperti halnya warga membayar pajak tepat waktu. Maka kesejahteraan masyarakat bisa semakin ditingkatkan yang sudah menjadi tugas kami,” ucap Sambuaga.

Sambuaga juga mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Minahasa untuk turut membantu Pemkab dalam membangun daerah yang dibiayai oleh penerimaan daerah, sehingga kontribusi warga berupa pajak daerah maupun retribusi daerah akan dikembalikan kepada warga dalam bentuk pembangunan.

Selain itu rincian target PAD Kabupaten Minahasa tahun 2018 yang dipatok sebesar Rp33,4 miliar, antara lain:

  • Pajak hiburan sekitar Rp8 juta;
  • PBB-P2 sekitar Rp25 juta;
  • Pajak sarang burung walet sekitar Rp25 juta;
  • Pajak air tanah sekitar Rp50 juta;
  • Pajak reklame sekitar Rp800 juta;
  • Pajak restoran sekitar Rp3,4 miliar;
  • Pajak perhotelan sekitar Rp3,8 miliar;
  • Pajak mineral bukan logam sekitar Rp6 miliar;
  • BPHTB sekitar Rp6 miliar;
  • Pajak penerangan jalan sekitar Rp8 miliar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.