STIMULUS ATASI VIRUS CORONA

6 Juta Orang Korban PHK Bisa Mendapat Kartu Pra-Kerja

Dian Kurniati | Kamis, 09 April 2020 | 17:09 WIB
6 Juta Orang Korban PHK Bisa Mendapat Kartu Pra-Kerja

JAKARTA, DDTCNews - Pemerintah memperkirakan setidaknya 6 juta orang yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah virus Corona bisa mendapatkan manfaat dari program kartu pra-kerja.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan pemerintah telah menyiapkan program kartu pra-kerja berupa pelatihan dan insentif untuk 5,4 juta orang.

Sementara itu, BP Jamsostek, sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan, juga telah berkomitmen memberi fasilitas serupa kartu pra-kerja untuk 600 ribu orang peserta yang kehilangan pekerjaan karena wabah.

Baca Juga:
Crash Program Efektif Bantu Debitur Kecil Lunasi Utang ke Negara

"Setidaknya ini bisa meng-cover 6 juta orang untuk pra-kerja yang bisa di-support tahun 2020. Dari BPJS Ketenagakerjaan pun sudah siap melaksanakannya dalam waktu dekat," katanya melalui konferensi video, Rabu (8/4/2020).

Askolani menjelaskan para peserta bisa menikmati pelatihan secara online untuk meningkatkan keterampilan. Dia berharap banyak masyarakat yang memanfaatkan agar bisa segera terserap ke sektor lapangan kerja yang lain yang tidak terdampak virus Corona.

Selain pelatihan, para peserta juga akan mendapatkan dana pelatihan senilai Rp1 juta per periode pelatihan, dana bantuan senilai Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta dana setelah pengisian survei sebesar Rp50 ribu per bulan selama 3 bulan. Secara keseluruhan, nilainya Rp3,55 juta untuk setiap peserta.

Baca Juga:
Banyak Tarik Utang Saat Covid-19, Beban Bunga 2024 Naik 37 Persen

Askolani menambahkan penambahan jumlah penerima kartu pra-kerja dari 2 juta menjadi 5,4 juta berarti penambahan anggaran dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun tahun ini. Anggaran itu terdiri atas biaya pelatihan Rp5,6 triliun, dana insentif Rp13,45 triliun, dana survei Rp840 miliar, dan dana badan penyelenggaranya Rp100 juta.

Menurut Askolani, uang tunai yang diterima peserta bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menjaga daya beli masyarakat. "Ini bentuk bantuan sosial lain yang diberikan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya beli," ujarnya.

Askolani menyebut masyarakat dapat mendaftar program kartu pra-kerja mulai hari ini, Kamis (9/4/2020). Namun hingga saat ini, pada laman resmi Prakerja.go.id belum tersedia menu untuk pendaftaran peserta. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 09:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Crash Program Efektif Bantu Debitur Kecil Lunasi Utang ke Negara

Selasa, 06 Februari 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Begini Tata Cara Aktivasi dan Lupa EFIN Pascapandemi Covid-19

BERITA PILIHAN