PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL

Vaksinasi Dimulai, Kinerja Industri Manufaktur Dibidik Tumbuh 4%

Dian Kurniati | Kamis, 14 Januari 2021 | 16:30 WIB
Vaksinasi Dimulai, Kinerja Industri Manufaktur Dibidik Tumbuh 4%

Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan pemintalan benang di pabrik pembuatan sarung di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (9/11/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

JAKARTA, DDTCNews – Kementerian Perindustrian optimistis kinerja industri manufaktur mampu tumbuh 4% tahun ini setelah program vaksinasi Covid-19 mulai berjalan, ditambah beberapa strategi tambahan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan vaksinasi Covid-19 menjadi faktor penting pemulihan ekonomi nasional. Dengan dukungan implementasi UU Cipta Kerja, ia optimistis pertumbuhan industri manufaktur dapat bergerak positif.

"Dimulainya vaksinasi bisa menjadi kunci pendorong dalam pemulihan industri di Tanah Air," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga:
Dirjen Anggaran Sebut Surplus APBN 2024 Tak Bakal Setinggi Tahun Lalu

Agus menambahkan Kemenperin telah menyiapkan empat strategi untuk mempercepat pemulihan industri manufaktur. Pertama, menjaga produktivitas industri selama pandemi melalui kebijakan pemberian Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

Hingga saat ini, lanjut Agus, Kemenperin telah menerbitkan 18.527 IOMKI kepada perusahaan industri. Penerbitan IOMKI juga tercatat mampu melindungi 5,16 juta pekerja agar tidak kehilangan penghasilan.

Kedua, meningkatkan kemampuan industri dalam negeri dalam mendukung penanganan Covid-19, khususnya industri farmasi untuk penyediaan obat-obatan dan alat kesehatan. Ketiga, pengoptimalan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).

Baca Juga:
Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Keempat, melanjutkan program substitusi impor 35% secara simultan dengan peningkatan utilisasi produksi, mendorong pendalaman struktur industri, dan peningkatan investasi.

Jika semua strategi berjalan, Agus menilai industri manufaktur akan tumbuh 4% tahun ini, atau berbanding terbalik dibandingkan dengan pertumbuhan industri manufaktur kuartal III/2020 yang mengalami kontraksi -4,31%.

"Seluruh subsektor manufaktur akan kembali bergairah, dengan asumsi pandemi bisa dikendalikan dan aktivitas ekonomi kembali pulih," ujarnya.

Baca Juga:
Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Selain itu, salah satu catatan yang mendorong optimisme Agus yaitu capaian Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang terus berada di level ekspansif. Pada Desember 2020, PMI Manufaktur Indonesia berada di level 51,3.

Begitu juga dengan Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI BI) pada kuartal IV/2020 yang tercatat di posisi 47,29% membaik ketimbang dua kuartal sebelumnya, yakni masing-masing 45,64% dan 44,91%. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

14 Januari 2021 | 22:41 WIB

Vaksin memerlukan waktu untuk bekerja. Kita belum tahu apa efek dari dilakukannya vaksininasi atau apa yang akan terjadi kedepannya. Bisa saja karena telah melakukan vaksininasi, masyarakat menjadi lengah dan abai dalam protokol kesehatan . Meski begitu, optimisme tetap diperlukan. Dengan catatan, pemulihan industri harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Maka, pemerintah harus terus mengingatkan mengenai hal ini dan masyarakat harus sadar diri untuk terus melakukannya.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara