VIETNAM

Tingkatkan Pemeriksaan, Setoran Pajak 2020 Diprediksi Lampaui Target

Dian Kurniati | Senin, 04 Januari 2021 | 11:08 WIB
Tingkatkan Pemeriksaan, Setoran Pajak 2020 Diprediksi Lampaui Target

Ilustrasi. (DDTCNews)

HANOI, DDTCNews – Departemen Umum Perpajakan Vietnam memperkirakan realisasi penerimaan perpajakan sampai dengan 31 Desember 2020 mencapai VND1.260 triliun atau 100,6% dari target sekitar VND 1.252 triliun.

Wakil Direktur Departemen Umum Perpajakan Dang Ngoc Minh mengatakan kinerja penerimaan perpajakan Vietnam relatif positif di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, ia akan menghitung dahulu untuk memperoleh angka pasti penerimaan perpajakan 2020.

"Dari angka tersebut, sekitar VND1,22 kuadriliun merupakan pendapatan dalam negeri melebihi perkiraan sebesar 7%," katanya, dikutip Senin (4/01/2021).

Baca Juga:
Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Minh menjelaskan pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan berat pada penerimaan perpajakan Vietnam tahun lalu. Pemerintah pun merespons situasi tersebut dengan mengubah beberapa kebijakan APBN, termasuk dari sisi penerimaan.

Kebijakan tersebut di antaranya memerintahkan setiap unit di Departemen Umum Perpajakan untuk menjalankan pengelolaan anggaran negara secara seragam dan meningkatkan reformasi prosedur administrasi.

Menurut Minh, kebijakan itu akan membentuk lingkungan bisnis yang adil sehingga pada gilirannya bisa meningkatkan sumber pendapatan negara.

Baca Juga:
Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?

Secara bersamaan, Minh menyebut departemennya juga meningkatkan upaya pemeriksaan untuk mencegah penghindaran pajak yang merugikan negara. Departemen Umum Perpajakan berusaha mengurangi tingkat piutang pajak hingga di bawah 5%.

"Selain itu, kami akan memberi perhatian dalam peningkatan kinerja petugas pajak untuk mencegah korupsi," ujarnya seperti dilansir vietnamplus.vn. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN