PERANG DAGANG AS-CHINA

Tawarkan Zero Tax ke Apple, Trump Malah Disindir Netizen

Kurniawan Agung Wicaksono | Senin, 10 September 2018 | 15:40 WIB
Tawarkan Zero Tax ke Apple, Trump Malah Disindir Netizen

Cuitan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Twitter. 

JAKARTA, DDTCNews – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, melalui cuitannya di Twitter, menyarankan kepada Apple agar membuat produknya di Negeri Paman Sam untuk menghindari pengenaan tarif tinggi atas impor dari China.

Namun, lagi-lagi, cuitan presiden yang mengusung slogan Make America Great Again (MAGA) ini mendapat banyak respons berupa sindiran dari netizen. Beberapa dari netizen mencantumkan foto produk Donald Trump dan anaknya yang justru diproduksi di China.

Cuitannya muncul setelah pihak Apple mengirimkan surat kepada pejabat perdagangan terkait penetapan tarif tambahan pada barang-barang China senilai US$267 miliar. Langkah ini dinilai berisiko mempengaruhi harga untuk berbagai produk Apple, termasuk arloji.

Baca Juga:
Neraca Perdagangan Surplus 3,56 Miliar Dolar AS pada April 2024

Dalam cuitannya, Trump berpendapat harga produk Apple kemungkinan akan meningkat karena tarif besar yang akan dikenakan untuk China. Namun, menurutnya, pembuatan produk di Amerika Serikat (AS) menjadi solusi yang mudah. Dia pun menjanjikan zero tax dan insentif pajak.

Berikut cuitannya di Twitter, yang dikutip pada Senin (10/9/2018):

@realDonaldTrump: Apple prices may increase because of the massive Tariffs we may be imposing on China - but there is an easy solution where there would be ZERO tax, and indeed a tax incentive. Make your products in the United States instead of China. Start building new plants now. Exciting! #MAGA

Baca Juga:
AS Bakal Naikkan Bea Masuk Mobil Listrik China hingga 4 Kali Lipat

Cuitan itu mengundang respons dari netizen. Andrew Wortman, lewat akun @AmoneyResists misalnya, membalas dengan foto beberapa produk yang belabel ‘DONALD J TRUMP’, tapi diproduksi di beberapa negara, termasuk China.

Menurut Andrew, fakta ini diikuti dengan tindakan Trump dalam memperkerjakan puluhan ribu imigran tanpa dokumen tidaklah sesuai dengan seruan pembuatan ‘dinding’. Menurutnya, tidak ada ‘America first’ dalam diri Trump.

@AmoneyResists: Your MAGA hats and flags are made in China, your shitty clothes are manufactured in China, Mexico & Bangladesh, you employ tens of thousands of undocumented immigrants yet fantasize about border walls & have outsourced over 30,000 jobs. There is nothing “America first” about you.

Baca Juga:
Neraca Perdagangan RI Surplus US$4,47 Miliar pada Maret 2024

Jeff Baumgart, melalui akun @fishstickkittie juga bertanya kepada Trump, apakah dia telah memulai membuat produk di AS. Hal yang serupa juga disampaikan Shari Lynn lewat akunnya @LynnSharig8. Dia mempertanyakan langkah Trump selanjutnya.

@LynnSharig8: So are all of the Trump products that are being made in China, Indonesia, Turkey and Canada now going to be made in America too? He is touting an “America first” program and American manufacturing and his own Trump products are not made in America.

Apple dikabarkan sangat terpengaruh dengan terjadinya perang dagang antara AS dan China. Hal ini membuat banyak produk untuk pasar AS di China, termasuk produk iPhone di China, menjadi target potensial pembalasan China terhadap tarif Trump. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN